6.11.22

MERINGKAS VIDEO YOUTUBE BAHASA INGGRIS DAN OPINI SAYA TENTANG A PLASTIC ACEAN

Esai 2 Psikologi Lingkungan

Disusun Oleh :

Rizki Amelia Saputri (21310410035)

Kelas : Reguler A

Dpsen Pengampu : Dr., Dra., Arunati Shinta., MA

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 


 

Topik

 

Sampah Plastik Yang Menganggu Perairan Dapat Berdampak Pada Biota Laut yang Hidup di Perairan, Nelayan yang Ingin Memanfaatkan Hasil Laut dan Pemukiman Warga di Sekitar Perairan Tersebut. Akibatnya Aktivitas di Laut dan di Darat Terganggu 

 

 

Sumber 

 

 

https://youtu.be/yog7qmGZIlQ

 

 

 

 

 

 

 

Ringkasan

 

A plastic Ocean, merupakan film dokumenter yang diproduksi oleh Adam Leipzing yang menampilkan realitas bahwa begitu banyak sampah plastik yang masuk ke dalam lautan, merusak rumah bagi para penghuni laut, mengubah rantai makanan, dan menyebabkan kematian binatang laut. 

Berawal dari seorang jurnalis yang bernama Craig Leeson yang ingin mencari paus biru tetapi yang dia temukan melainkan sampah plastik yang mengembang di tengah lautan. 

Pada film ini, Craig Leeson bersama penyelam bebas yanya streeter bekerja sama dengan ilmuwan dan para peneliti menjelajahi dua puluh tempat dalam kurun waktu empat tahun untuk mengungkap penyebab dan konsekuensi serta memberikan solusi dari sampah plastik tersebut. 

Akibat sampah plastik pada film ini memberikan fakta mengenai dampak sampah plastik di perairan. Dan di film ini memberikan solusi pengelolaan sampah plastik dari berbagai negara yang bisa dicontoh. 

 

“Maafkan saya, saya menyesal atas nama umat Manusia, untuk memasukkan plastik ke rumahmu,” ungkan Craig Leeson pada akhir film dokumenter A Plastic Ocean. 

 

 

 

 

 

 

Permasalahan 

 

Dalam perjalanannya Craig Leeson menemukan beberapa permasalahan yang timbul akibat sampah plastik. Mulai dari paus yang mati karena menelan plastik, burung laut yang turut menjadi korban akibat sampah plastik tersebut, dan kura-kura tempayan yang tidak bisa menyelam akibat ada sejumlah plastik dalam perutnya yang mengahsilkan gas. 

Hal ini yang mengakibatkan berubahnya rantai makanan laut yaitu banyaknya sampah yang mengembang. Banyaknya sampah plastik di laut disebabkan oleh penggunaan plastik yang berlebihan seperti penggunaan sedotan, kemasan makanan, dan peralatan rumah tangga lainnya yang berbahan palstik yang di buang di sungai lalu mengalir ke lautan. 

 

Opini Saya

 

Opini saya yaitu kita sebagai manusia harus memiliki kesadaran akan kebersihan lingkungan terutama di perairan. Dan mengelolah sampah dengan baik dan benar. Sehingga terjadi keselarasan dalam alam anatara manusia, hewan dan tumbuhan. 

Menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan dengan tidak merusak lingkungan alam, menjaga pelestarian lingkungan agar tidak rusak dan tercemar, berperilaku bijak dalam menggunakan produk berbahan dasar plastik atau bisa menghindari pengunaan barang yang berpotensi menjadi sampah, bukan hanya plastik, sehingga mengurangi produksi sampah plastik ataupun sejenisnya demi terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat. 

Sampah yang di buang di sungai akan mengalir ke laut yang dimana akan membuat penghuni laut mati. Karena bahaya sampah yang mengandung zat-zat kimiawi pada hewan diantaranya menimbulkan luka fisik di saluran usus,  translokasi ke jaringan atau organ lain, penurunan berat badan yang signifikan, pengurangan 

aktivitas makan, dan cacat perkembagan. 


0 komentar:

Posting Komentar