1.11.22

MERINGKAS FILM YOUTUBE &OPINI SAYA TENTANG MOTIVASI KERJA DAN KEBAHAGIAAN

 The Persuit Of Happiness

Tugas Essay 2
Psikologi Inovasi
Mohammad Evansyah
19310410049
Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta., M. A
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Topik
Mencapai sebuah kebahagiaan dan kesuksesan dengan motivasi tinggi dan kerja keras, serta kesabaran walaupun ditempa banyak masalah sekalipun.
Sumber
The Persuit Of Happiness Full Movie/Will Smith/Columbia Pictures - 1:19:46
https://youtu.be/Af1J6sp4Am8
Ringkasan
Chris Gardner merupakan seorang ayah dari Christopher Gardner dan istri bernama Linda. Chris merupakan seorang sales alat kesehatan yang berjuang hidup untuk keluarganya ditengah kota besar. Chris mencoba untuk menginvestasikan seluruh tabungannya untuk membeli scanner tulang yang katanya kualitasnya lebih baik dari pada mesih X-Ray pada umumnya. Ia rencananya akan menawarkan barang tersebut ke beberapa rumah sakit, akan tetapi pada kenyataannya barang tersebut tidak laku karena menurut konsumen barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan dan harganya sangat mahal. Pada akhirnya ia gagal mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut. 

Masalah terus menghampirinya. Ia tidak mampu membayar uang sewa tempat tinggal lagi ditambah tagihan-tagihan lain yang menumpuk. Pada akhirnya istri dari Chris yaitu Linda terpaksa harus meninggalkan, karena ia dianggap tidak bertanggung jawab. Awalnya Linda ingin membawa Christopher ikut dengannya,tetapi Chris bersikeras agar anaknya tetap tinggal dengannya. Selepas istrinya pergi, kehidupannya makin kacau, dia terpaksa diusir dari apartemen tersebut. Chris dan anaknya kemudian pindah ke sebuah motel yang sedikit lebih murah. 
Disuatu hari, chris bertemu seorang pria yang menggunakan mobil mewah, dan ternyata pria tersebut adalah seorang pialang saham. Ia mulai termotivasi dan mulai fokus untuk menjadi pialang saham. Kemudian ia melamar di suatu perusahaan, dan dia diterima sebagai pekerja magang selama 6 bulan, tetapi selama masa magang ia tidak menerima gaji sepeserpun. Untuk menjadi pekerja tetap disana hanya pekerja magang terbaik saja yang bisa jadi bekerja disana, hal tersebut semakin memotivasi Chris.
 
Atas kegigihan dan kesabaran Chris, akhirnya dia menjadi pekerja magang terbaik, dan diangkat menjadi pekerja di perusahaan tersebut kemudian menjadi pialang saham yang sukses. 
Permasalahan
Chris terlalu optimis untuk mencapai kesuksesan dalam berusaha, tetapi ia tidak memikirkan tentang strategi penjualan, Ia terlalu banyak menghabiskan uang untuk investasi dan terlalu percaya dengan barang yang akan dijual tanpa perhitungan yang matang sehingga mengakibatkan penjualan yang gagal. 
Opini Saya
        - Dalam sebuah usaha memang tidaklah mudah, untuk tetap bertahan baiknya kita harus memperhitungkan dengan matang sesuatu yang kita kerjakan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 
     - Chris dalam film ini mengajarkan kita bagaimana arti sabar dan kerjakeras. Untuk mencapai kesuksesan, tidak perlu mencari alasan atas kegagalan yang pernah kita lakukan atau menyalahkan situasi dan orang lain. Yang perlu kita lakukan adalah ambil tanggung jawab untuk mengatasi kesulitan dan banyak belajar untuk mencapai impian, karena tantangan dan kesulitan yang dihadapi, hanya dapat dilampaui dengan mengambil tindakan serta tekun dalam meraih tujuan. 
 


0 komentar:

Posting Komentar