1.11.22

Kampanyekan Kurangi Sampah Plastik

 

Kampanyekan Kurangi Sampah Plastik



Maily Qisti Rofiq

19310410095

 

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

2022

TOPIK

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus melakukan edukasi masyarakat untuk mengurangi sampah plastik

SUMBER

Nurfiani, F. (KR). 2022. Kampanyekan Kurangi Sampah Plastik. Kedaulatan Rakyat, 13 Agustus, Hal. 9

RINGKASAN

Corporate secretary PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Gunawan Arif Hartoyo mengatakan BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia akan terus berpartisipasi aktif dalam usaha pemerintah mewujudkan program ekonomi hijau guna menjaga ekonomi   berkelanjutan yang pro people, planet, dan profit (3P). melalui Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2022 mengajak semua pihak untuk semakin penduli terhadap lingkungan salah satunya mengurangi sampah plastik. kegiatan ini juga sebagai upaya meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap dampak yang ditimbulkan oleh sampah plastik pada lingkungan.

Berdasarkan studi National Plastic Action Partnership 2020, Indonesia menjadi negara penyumbang sampah plastik terbesar urutan ke-2 di dunia dan sebanyak 72% masyarakat Indonesia masih tida peduli akan pengelolaan sampah plastik dari KLHK RI.

Untuk mengurangi  sampah plastik, BSI berkolaborasi dengan plasticpay dengan menempatkan reverse vending machine (RVM). Khusus di MJM 2022, vending mesin sampah plastik tersebut akan ditempatkan di Royal Ambarukmo Yogyakarta dan kawasan Candi Prambanan. Masyarakat bisa berpartisipi dengan menukarkan botol plastik dengan uang. Transaksi dilakukan melalui BSI mobile dimana masyarakat bisa langsung membukan rekening BSI untuk melakukan transaksi. Poin yang didapatkan dari penukaran sampah botol plastik dapat ditukarkan dengan uang elektronik dengan menukarkan melalui BSI mobile.

Melalui program ini, pencapaian dampak lingkungan akan terukur dan hasil dari program ini akan di investasikan kembali ke program berkelanjutan. Total saat ini ada 50 unit RVM hasil kerjasama antar BSI dan plasticpay Indonesia yang tersebar di pulau Jawa dan Bali.

PERMASALAHAN

studi National Plastic Action Partnership 2020, Indonesia menjadi negara penyumbang sampah plastik terbesar urutan ke-2 di dunia dan sebanyak 72% masyarakat Indonesia masih tida peduli akan pengelolaan sampah plastik

OPINI SAYA

Program yang diselenggarakan oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) sangat baik dan hal ini perlu di contoh oleh daerah lain di Indonesia sehingga program reverse vending machine (RVM) bisa tersebar di seluruh Indonesia dan permasalahan sampah bisa teratasi dengan baik dan masyarakat pun secara tidak langsung akan lebih peduli terhadap sampah karena akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan uang elektronik.

0 komentar:

Posting Komentar