6.11.22

MERINGKAS FILM YOUTUBE & OPINI SAYA TENTANG PELIMPAHAN SAMPAH DI JERMAN

 

Essay 2  Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Di susun oleh: Inge Zukhruf Warohmah  (22310420041)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 



 

Topik


Daur Ulang Di Jerman. Cara Membuang Sampah Anda Dengan Benar

sumber

https://www.youtube.com/watch?v=oB-arr-U7ZA

Ringkasan

Barang yang biasanya di daur ulang adalah plastik, kardus, botol kaca, botol plastik. Kita dapat memilah milah barang tersebut menjadi beberapa kategori seperti botol kaca. Ada tempat khusus untuk membuang kaca bening, kaca hijau dan kaca coklat. Mereka memiliki tempat sampah yang berbeda. Salah satu hal yang menyenangkan dari mendaur ulang adalah beberapa barang dapat menghasilkan uang seperti botol-botol bertanda khusus. Untuk barang elektronik seperti batu batre atau powerbank juga ada tempat khusus untuk membuang barang tersebut biasanya di dalam toko-toko .

 

Pertama plastic akan di buang di tempat sampah bertutup kuning dan barang berupa kertas di tempat sampah ber tutup biru. Sementara tempat sampah bertutup hitam di gunakan untuk membuang sampah dapur atau makanan tetapi terkadang ada juga bak sampah tengan tutup berwarna hijau.

 

Kemudian untuk sampah kardus terdapat bak khusus untuk kardus. Selain iru untuk botol kaca yang tidak dapat ditukarkan dengan uang  dapat dibuang di bak sampah bertanda sesuai dengan warna botol kaca tersebut seperti coklat, hijau dan putih atau berning. Untuk pakaian bekas juga terdapat bak sampahnya sendiri

Permasalahan

Pengelolaan sampah di jerman sudah sangat rapi dan maju mereka dapat memilah-milah barang sesuat denga kategorinya dam membuang pada tempat yang sesuat setelah semuanya terpilah dengan baik. Sebagian warganya juga mentaati peraturan tersebut. Bahkan beberapa purusahaan membayar untuk sampah produk mereka seperti botol-botol bertanda khusus.

Opini saya

Hal baik seperti memilah sampah ini patut kita contoh sehingga lingkungan dapat lebih terjaga dengan baik. Akan tetapi menumbuhkan kesadaran yang seperti ini bukanlah hal yang mudah. Memang untuk saat ini Indonesia sedang berupaya mengolah sampah dengan munculnya bank sampah di berbagai tempat akan tetapi Indonesia merupakan degara kepilauan yang luas hal ini tentu saja hanya mapu di lakukan ditempat dengan akses kendaraan saja. Untuk tempat-tempat terpencil atau didesa desa melakukan bank sampah akan menjadi salah satu hambatan besar walaupun memang sampah yang di hasilkan di perdesaan sangat berbeda jaug dengan sampah yang di hasilkan oleh penduduk perkotaan.

 

0 komentar:

Posting Komentar