6.11.22

MERINGKAS FILM DAN OPINI SAYA

 

GOAL! THE DREAM BEGINS (2005)

Shafly Ardhya Saputra (20310410027) Psikologi B Kelas Karyawan

Essay 2 Psikologi Inovasi

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A.


 

Topik

Motivasi seorang anak muda yang bermimpi menjadi pemain sepakbola terkenal meski memiliki keterbatasan fisik dan ekonomi.

Sumber

Goal! The Dream Begins (2005)

Link : https://www.youtube.com/watch?v=DilJymwTr4E

Ringkasan

·   Santiago Munez, seorang anak muda imigran Meksiko yang tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat bermimpi untuk menjadi pemain sepak bola terkenal. Meskipun memiliki keterbatasan keluarga, ia mengawali karir sebagai seorang pelayan restoran sambil bermain bola di klub lokal Amerika. Suatu hari tanpa sengaja ia dilihat bakatnya oleh Gelan Voy seorang mantan pemain sepak bola klub terkenal Newcastle United, Inggris dan mengajaknya untuk pindah ke Inggris dan dikenalkan kepadanya agen tim Newcastle United.

·   Keberangkatannya ke Inggris direstui oleh sang nenek dengan menjual perhiasan neneknya. Di Inggris, Santiago bersama Glen bertemu dengan agen sepak bola Newcastle United dan mulai bermain di sana. Ia dicoba bermain namun bermain buruk sehingga dikeluarkan. Glen membujuk sang agen dan manajer tim agar meminta satu bulan percobaan untuk Santiago.

·   Di tim tersebut Santiago berbohong pada saat tes medis ia menderita asma hal ini dia lakukan agar dia dapat masuk tim cadangan. Tak hanya itu, Santiago juga mengalami cedera inhaler otot ACL atau lutut sehingga ia dikeluarkan dari tim cadangan yang membuat ia harus kembali ke Amerika.

·   Ketika berada di bandara tak sengaja dia bertemu Haris seorang pemain Newcastle United yang meyakinkan bakatnya kepada manajer agar Santiago jangan dikeluarkan. Akhirnya Santiago dirawat dan manajer pun setuju dia masuk tim cadangan.

 

Ringkasan (lanjutan)

·   Kesempatan itu tidak disia-siakan oleh Santiago dimana pada saat pertandingan melawan klub Fulham ia masuk menggantikan pemain utama yang cedera. Ia menciptakan peluang yang akhirnya berbuah gol oleh Haris rekannya.

·   Ia mendapatkan pujian dari manajer dan rekan timnya sehingga pertandingan selanjutnya melawan Liverpool dia masuk di tim utama. Pada pertandingan tersebut Ia pun berhasil mencetak gol dan membawa timnya menang dengan skor 3-2.

·   Keluarganya di Amerika menonton pertandingan tersebut dan menelepon Santiago seusai pertandingan. Neneknya merasa bangga dan membuat Santiago menangis terharu berhasil mewujudkan impiannya selama ini.

 

Permasalahan

Seringkali keterbatasan fisik maupun finansial seseorang membuat motivasi untuk hidup lebih baik menjadi sirna. Namun kita harus mempunyai motivasi diri untuk merubah hidup yang lebih baik.

Opini saya

Motivasi itu datang manakala kita dihadapkan pada situasi yang menuntut untuk berubah menjadi lebih baik. Motivasi bisa berasal dari keluarga, teman, sahabat, bahkan keadaan atau situasi terjepit sekalipun.

Hal-hal yang saya lakukan setiap hari untuk untuk memelihara motivasi diri adalah dengan selalu mengingat tujuan kita ke depan, melakukan perencanaan yang mengenai karier dan rumah tangga, serta selalu bersyukur kepada Tuhan atas apa yang diberikan olehNya selama ini.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar