6.11.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN DAN OPINI SAYA

 

 

JUMADI : ASA BAGI WARGA PULAU TERLUAR

Shafly Ardhya Saputra (20310410027) Psikologi B Kelas Karyawan

Essay 1 Psikologi Inovasi

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A.


Topik

Menjadi inisiator dalam masyarakat bisa dilakukan yakni dengan menjalankan social entrepreneurship.

Sumber

Herin, F.P. (2022). Jumadi : Asa bagi Warga Pulau Terluar. Kompas. 6 Oktober, hal. 16.

Ringkasan

·      Letnan Satu (Lettu) Laut (P) Jumadi ditugaskan oleh kesatuannya, TNI Angkatan Laut, pada 2016 dengan mengusung ide untuk budidaya rumput laut pada masyarakat Pulau Lirang, Kabupaten Maluku Barat Daya.

·      Dalam mengawali tugasnya Jumadi menemui kendala. Banyak warga yang menolak kehadiran Jumadi dengan idenya tersebut lantaran mereka trauma. Ternyata dulu arga Lirang pernah membudidayakan rumput laut. Namun usaha yang didanai pemerintah daerah tersebut gagal lantaran rumput laut terserang hama. Mereka tidak tahu cara penanggulangannya. Pendamping dari dinas terkait juga tidak pernah datang. Kerugian diderita warga akibat harga jual rumput laut sangat murah.

·      Kendala lain yaitu mereka tidak mempunyai modal. Namun Jumadi tidak patah semangat. Dengan bermodalkan uang gajinya dan dengan dukungan beberapa warga yang mulai berminat, ia membeli tali pelampung dan mencari benih rumput dari daerah terdekat. Ia mulai mendampingi mereka mulai dari penyiapan pemeliharaan hingga panen proses itu berjalan 45 hari.

 

Ringkasan (lanjutan)

·       Proses itu berjalan hingga saat ini membuahkan hasil. Hampir semua keluarga yang berjumlah 300 KK di Pulau lirang telah menjadi pembudidaya. Mereka terbagi dalam beberapa kelompok yang dibina Jumadi. Dengan bermodalkan 60 juta mereka mampu menghasilkan 12 ton rumput laut kering dengan nilai ekonomi 360 juta, artinya keuntungan bersih yang didapat 300 juta.

·      Perubahan ini tidak lepas dari campur tangan Jumadi. Sejak ia ditugaskan pada tahun 2016, ia dapat memberikan perubahan yang signifikan pada kesejahteraan masyarakat melalui tugas pembinaan potensi maritim. Ia berharap masyarakat tetap konsisten dengan usaha ini.

·      Atas jasanya ini beberapa tokoh dan masyarakat pulau lirang bahkan meminta untuk Jumadi menetap di Pulau lirang sampai selamanya. Bagi mereka Jumadi telah mengabdi melampaui tugas dan tanggung jawabnya sebagai prajurit TNI. Masyarakat pulau lirang sangat bersyukur atas kehadiran sosok seperti Jumadi.

 

Permasalahan

Awal kedatangan Jumadi di Pulau lirang pada tahun 2016 mendapat penolakan dari masyarakat karena mereka trauma dengan budidaya rumput laut. Mereka pernah membudidayakan rumput laut dan gagal lantaran rumput laut terserang hama. Dinas terkait juga tidak pernah datang akhirnya kerugian yang diderita warga cukup banyak karena harga jual yang sangat murah.

Opini saya

·       Keberadaan seorang inisiator yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk memperbaiki kondisi suatu masyarakat, adalah sangat luar biasa dansangat jarang terjadi. Pada hakekatnya inisiator itu adalah seorang pahlawan pemberdayaan masyarakat.

·       Cara seseorang menjadi inisiator adalah dengan melakukan social entrepreneurship. Itu adalah suatu kegiatan inovatif yang bertujuan untuk kemajuan suatu masyaakat. Itu membutuhkan tekad yang luar biasa dan pengorbanan yang sangat besar.

·       Seorang inisiator dan motivator yang saya contoh serta terapkan adalah ia yang dapat mengabdikan diri kepada masyarakat bangsa dan negara sepenuh hati ikhlas tulus demi kemajuan masyarakat melebihi tugas dan tanggung jawabnya sehari-hari.

 


 

0 komentar:

Posting Komentar