6.11.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN DAN OPINI SAYA MENGENAI PENCEMARAN LAUT YANG DISEBABKAN OLEH SAMPAH YANG SEMAKIN BESAR

Oleh:

Destiana Dini Safitri (21310410090)

Kelas Reguler

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M. A

Psikologi Lingkungan (Essay 2)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA


Topik

Pencemaran sampah di Pasifik yang semakin besar

Sumber

The Great Pasific Garbage Patch

https://youtu.be/MnCbTTTi7ic

Ringkasan

Sampah manusia khususnya plastik telah menumpuk di lautan kita yang merupakan ancaman nyata, tidak hanya bagi alam tetapi juga bagi manusia. Great Pacific Garbage Patch menggambarkan efek yang kita miliki sebagai manusia terhadap lingkungan laut yang terletak di utara samudra pasifik dan yang terbesar dari lima patch sampah. Great Pacific Garbage Patch adalah produk dari berton-ton sampah yang masuk ke laut dan terperangkap dalam pusaran yang diciptakan oleh arus laut patch m bijih dari tiga kali ukuran Texas membentang dari pantai Jepang sampai ke Hawaii dan bahkan ke California lebih jauh lagi. Banyak sampah di air terdiri dari jenis dan plastik yang terdiri dari jaring ikan yang ditinggalkan dan tali plastik keras tipe H dan plastik busa tipe F juga terdiri dari sebagian besar tambalan karena lebih dari 180 kali lebih banyak plastik daripada makanan ditemukan di permukaan Tambalan Sampah. Efek dari Great Pacific Garbage Patch sangat luas namun manusia dapat membantu mengatur perubahan terlebih dahulu kita harus mengakui bahwa tindakan kita berdampak pada lingkungan apakah kita pikir mereka melakukannya atau tidak sebagai individu anggota keluarga dan komunitas yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi organisasi, untuk dana pembersihan laut dan melakukan penelitian untuk tujuan ini dengan menyumbang dan menjadi sukarelawan dapat membantu membuat perbedaan, namun mendukung organisasi semacam itu bukanlah satu-satunya cara untuk membantu, bisa juga dengan membuat dampak sebagai individu melalui daur ulang botol dan wadah plastik mengurangi jumlah plastik yang kita gunakan dan menggunakan kembali produk plastik. Saat ini menyebarkan kesadaran tentang dampak limbah dan plastik mikro di lautan kita sangat dibutuhkan.

Permasalahan

Semakin banyaknya sampah di laut yang mencemari dan mengganggu biota laut. Selain berdampak pada biota laut, manusia pun juga turut mendapatkan dampaknya seperti pasokan makanan dan garam yang berasal dari laut yang tercemar akan mengganggusistem endokrin manusia dan membuat hormone kita tidak seimbang.

Opini Saya

Menurut saya, alangkah lebih baiknya jika kita sebagai manusia menyadari tentang betapa pentingnya kebersihan lingkungan termasuk laut. Karena sebagian pasokan makanan kita pun berasal dari laut. Lebih baik sampah-sampah tersebut dibuang pada tempat pembuangan sampah ataupun pada bank sampah, bisa juga dengan memanfaatkan kreatifitas kita memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang tepat guna dan bernilai jual tinggi. Untuk sampah organik akan lebih baik jika diolah menjadi kompos yang sangat bermanfaat bagi tanaman.

0 komentar:

Posting Komentar