6.11.22

MERINGKAS FILM YOUTUBE & OPINI SAYA TENTANG LINGKUNGAN HIDUP



MERINGKAS FILM YUOTUBE & OPINI SAYA TENTANG LINGKUNGAN HIDUP

Trash Man

 

Oleh: Humairah Natsir

Program Studi Psikologi Umum

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
2022

Essay 2

Essay ini dibuat sebagai syarat mengikuti UTS mata kuliah Psikologi Lingkungan
Dosen Pengampu Ibu Dr. Arundati Shinta, MA


Topik:

         Dampak perilaku buang sampah sembarangan terhadap lingkungan, orang di sekitar, dan diri sendiri

Sumber:

        TRASH MEN - Film Pendek Bahasa Inggris I SMAN 1 BANGLI - 12:31.https://youtu.be/4n5uFBOc_Ek

Ringkasan:

        Ada seorang gadis yang berjalan bersama temannya, mereka berjalan dan membuang sampah di jalan yang mereka lalui tanpa merasa bersalah meskipun telah ada papan yang bertulis "Jangan buang sampah di sini". Mereka tetap melakukan hal tersebut karena telah menjadi kebiasaannya. Hal ini dilihat oleh salah satu orang yang jalan berlawanan arah dengan mereka, orang tersebut menegur mereka untuk tidak membuang sampah sembarangan. Salah satu gadis itu bertanya mengapa? Lalu orang tersebut mencari tempat untuk menjawab pertanyaan gadis itu. 

        Pada satu waktu, ada remaja laki-laki yang nakal bersama temannya. Mereka selalu membuang sampah sembarangan di jalan yang mereka lalui. Masyarakat sekitar yang melihat mereka selalu memberi teguran agar tidak membuang sampah sembarangan. Namun mereka tidak peduli dengan teguran tersebut bahkan memberikan muka ejekan pada orang yang menegurnya. Mereka selalu saling mengajak untuk nongkrong ke suatu tempat. Sebelum sampai di tempat yang dituju, mereka membeli minuman dan makanan ringan. Setelah sampai dan selesai bermain di tempat itu, mereka selalu meninggalkan sampah makanan ringan tadi di tempat tersebut. Masyarakat sekitar yang melihat perilaku mereka selalu menegur mereka namun mereka malah menampakkan wajah ejekan dan langsung pergi meninggalkan tempat nongkrongnya. 

        Akhirnya masyarakat sekitar tadi yang membereskan sampah si remaja laki-laki tersebut. Berulangkali mereka melakukan hal tersebut, berulangkali pula mereka mendapatkan teguran. Hingga pada akhirnya mereka pergi berboncengan dan salah satu sampah plastik di jalan terbawa angin dan menuju ke arah mereka. Sampah plastik tersebut terbang dan menutupi wajah remaja laki-laki yang mengendarai motor. Mereka mulai tidak seimbang dan akhirnya terjatuh. Kecelakaan yang mereka alami mengakibatkan luka pada kedua remaja tersebut. Masyarakat sekitar yang melihat mereka langsung membantu dan menasehati mereka perihal perilaku membuang sampah sembarangan yang bisa berdampak pada diri sendiri. Remaja laki-laki tersebut segera meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi perilaku buruk tersebut. 

        Begitulah cerita dan jawaban untuk gadis yang bertanya tadi. Setelah mengetahuinya orang yang menjelaskan langsung mengajak kedua gadis tersebut untuk mengambil kembali sampah yang telah dibuang ke sembarang tempat tadi. 

Permasalahan:

    Perilaku tidak bertanggungjawab terhadap sampah terkait pembungannya dapat menjadi hal serius. Meskipun hanya berawal dari masalah sepele namun dapat mengakibatkan hal luar biasa. Dampaknya dapat terjadi pada lingkungan seperti banjir dan lingkungan menjadi tidak asri, masyarakat sekitar yang harus membersihkan sampah tersebut, dan bahkan diri sendiri yang bisa saja mengakibatkan kecelakaan seperti pada film tersebut. 

Opini saya:

       Masyarakat sekitar bisa mengadakan sosialisasi dan penyuluhan terkait pembuangan sampah dan bagaimana cara mengolah sampah agar informasi tersebar rata ke masyarakat lain. Bisa juga mengadakan kegiatan bakti sosial seminggu sekali untuk membersihkan lingkungan sekitar dan menjaga lingkungan tetap sehat. 

      Saya dan keluarga sebagai rakyat yang tinggal di daerah, setidaknya menanamkan dalam diri terkait perilaku baik. Termasuk membuang sampah pada tempatnya. Jika menegur orang lain sulit, setidaknya diri ini tidak ikut melakukan hal tidak terpuji tersebut. 

                       

 

0 komentar:

Posting Komentar