6.11.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG PEMULIHAN LAHAN BEKAS TAMBANG

 

Essay 1 Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Di susun oleh: Inge Zukhruf Warohmah  (22310420041)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 



 

Topik

Kementerian LHK Siap Pulihkan Bekas Tambang Gamping Gari guna meningkatlan perekonomian masyarakat sekitar.

 

sumber

Alx.(2022,September 19). Kementerian LHK Siap Pulihkan Bekas Tambang Gamping Gari. Tribun Jogja.Hal.4

Ringkasan

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHR) RI. Alue Dohong melakukan Kunjungan ke Gunungkidul pada Sabtu (17/9) lalu. Ia meninjau lahan bekas tambang rakyat di Kalurahan Gari. Wonosari. Alue mengatakan peninjauan dilakukan sebagai bagian untuk persiapan program pemulihan lahan bekas tambang rakyat tersebut.

“Desain besarnya sudah kami siapkan, di mana pem bangunannya akan segera dilakukan," jelasnya dalam keterangan tertulis, Minggu (18/9).

Menurut Alue, program pemulihan tersebut dilakukan agar lahan bekas tambang bisa kembali jadi lahan produktif. Terutama untuk pertanian hingga perkebunan yang sifatnya regeneratif. Masyarakat setempat turut dilibatkan dalam upaya pemulihan tersebut. Sebab dengan disulapnya lahan bekas tembang jadi produktif, maka bisa mendongkrak penghasilan masyarakat. Jadi ini juga salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kata Alue.

 Biaya program pemulihan ini nantinya mengandalkan dana dari Anggaran Pendepatan Belanja Negara (APBN) dan pengerjaan rencananya dimulai tahun depan. Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, menjelaskan bekas lahan tambang di Gari ini dikenal sebagai kawasan Bumi Watu Obong Pada era 1950-an, kawasan ini menjadi lahan tambang batu kapur. "Dan tambang inilah bahan pembuatan tobong gamping berasal," ungkapnya.

Menurut Sunaryanta, lahan tambang ini sempat memberikan pengaruh besar pada ekonomi Gunungkidul, namun memudar seiring berjalannya waktu. Program pemulihan lahan bekas tambang ini pun dinilai akan member dampak positif berlipat pada kehidupan ekonomi dan lingkungan.

Permasalahan

Lahan bekas tambang yang tidak terpakai akan di pulihkan kembali sehinga lahan tersebun bisa memiliki nilai ekonomi.

Opini saya

Dengan adanya pemulihan lahan selain dapat mengembalikan nilaai ekonomi ldaerah tersebbut dapat juga mengembalikan ekosistem yang sempat rusak sebelumnya karena aktifitas pertambangan. Hal ini juga sangat penting bagi lingkungan terutama untuk mengembalikan fungsi dari alam itu sendiri. Simbiosis yang terjadi tidak hanya menguntungkan bagi manisia saja tapi juga kepada mahluk lain ciptaan Tuhan.

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar