4.11.22

MERINGKAS FILM YOUTUBE & OPINI SAYA TENTANG PERMASALAHAN SAMPAH DI KOTA DIRBUGARH INDIA


 

REVIEW FILM TENTANG SAMPAH

Dosen Pengampu: Arundati Shinta

Oleh: Fika Yuliyanti (21310410007)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

 

Topik : Permasalahan sampah di kota Dirbugarh, India.

Sumber : The garbage project (https://youtu.be/BL-wq3tbAF4)

Judul : Finding beauty in garbage

 


Ringkasan :

 

   Film dokumenter ini merupakan satire yang menceritakan tentang Dibrugarh salah satu kota modern di negara India yang orang-orang sebut sebagai “kota the India”. Namun, warga di kota Dirbrugarh suka membuang sampah sembarangan di setiap sudut kota juga di pinggir jalan. Diantaranya yaitu AMC road, Convoy road, HS road, KC Gogol road, Nadiapool road, Milan Nagar road, Chowkingdihee, Graham Bazaar, Mancotta road. Warga Dirbugarh sudah terbiasa hidup bersama sampah di pinggir jalan, sekarang mereka mengatakan bahwa hanya sampah yang bisa menambah keindahan negara India khususnya kota Dirbugarh. Pembuat film bertemu dengan orang random dijalan dan kemudian mengobrol, orang tersebut mengatakan bahwa “saya sangat suka pemandangan kota Dirbugarh, ini adalah keindahan alami, sampah, orang-orang dan segalanya, tempat ini berwarna”. Orang-orang percaya bahwa pemandangan sampah dimana-mana menambah warna ke kota mereka yang semarak. Kemudian adalah kenyataan bahwa perusahaan di kota Dirbugarh memiliki banyak tempat sampah yang menghadap ke jalan, jadi sampah-sampah tersebut bisa terlihat oleh banyak orang begitu juga turis. Di beberapa kota ada tempat sampah kecil yang tentu saja tidak cukup untuk menampung sampah-sampah tersebut. Pemkot juga tidak menemukan cukup sampah untuk dibersihkan dari tempat sampah karena orang langsung membuang sampah di jalan. Pembuat film bertanya kepada petugas kebersihan tentang bagaimana orang-orang tetap membuat kota mereka indah dengan sampah, pekerja tersebut menjawab bahwa orang-orang tidak membuang sampah ke tempat sampah yang disediakan mereka melempar dari jarak 50 meter ke tempat sampah. Sampah jatuh ke dalam saluran air dan menyumbatnya, saat saluran air sudah bersih sampah di buang di samping jalan kemudian tumbuh berbagai macam tanaman di atasnya.

 

 

Permasalahan :

 Film dokumenter ini merupakan satire yang menyinggung tentang kehidupan di kota Dirbugarh, dimana di setiap jalan yang kita temui pasti akan selalu ada pemandangan tumpukan sampah, bukan hanya terlihat kotor tetapi juga bau tidak sedap. Permasalahan ini terjadi karena beberapa sebab, yaitu kurang teredukasinya masyarakat Dirbugarh tentang membuang sampah pada tempatnya, terbukti di video tersebut banyak warga yang secara sadar membuang sampah ke tepi jalan, selain itu kurangnya fasilitas tempat sampah dari pemerintah kota juga turut memperburuk tumpukan sampah ini, dalam video dijelaskan bahwa hanya ada sedikit tempat sampah kecil yang tentu saja tidak bisa menampung sampah yang begitu banyak yang berbanding terbalik dengan jumlah tempat sampah.

 

 


Opini saya : 

Sampah adalah masalah serius khususnya di negara berkembang. Opini saya tentang kota Dirbugarh ini adalah pemerintah harus berperan yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya membuang sampah sembarangan. Selain itu pemerintah juga seharusnya memberikan fasilitas tempat sampah yang lebih besar dan menyebarnya di titik-titik tertentu dimana masyarakat biasa membuang sampah sembarangan. Selanjutnya pemberian punishment/hukuman kepada masyarakat yang membuang sampah sembarangan juga bisa menjadi salah satu solusi. Sejatinya menjaga lingkungan agar tetap bersih adalah tugas semua pihak, oleh karena itu jika hanya salah satu pihak saja yang bertindak maka akan sulit untuk berhasil.

0 komentar:

Posting Komentar