4.11.22

ESSAY PRESTASI PSIKOLOGI LINGKUNGAN


 

MEMBERSIHKAN SAMPAH GUNA MENJAGA KELESTARIAN PESISIR PANTAI 

Dosen Pengampu: Arundati Shinta 

Oleh: Fika Yuliyanti (21310410007) 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

 

Tema    :

 

Sumber : Fika Yuliyanti (2022). Mahasiswa Prodi Psikologi Universitas Proklamasi 45 Bersihkan Sampah Guna Menjaga Kelestarian Pesisir Pantai. Ivok News. 2 November 2022. (https://www.ivoknews.com/berita/pr-4445420140/mahasiswa-prodi-psikologi-universitas-proklamasi-45-bersihkan-sampah-guna-menjaga-kelestarian-pesisir-pantai)

 


Ringkasan : 

Sampah masih menjadi masalah serius di negara Indonesia, bahkan di pantai yang seharusnya menjadi tempat untuk bersantai menikmati indahnya keindahan hamparan lautan masih banyak ditemui tumpukan-tumpukan sampah.  Pantai Cemara Sewu adalah objek wisata yang terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini menyajikan keindahan banyak pohon cemara dan indahnya lautan akan tetapi pantai ini adalah salah satu dari banyaknya pantai yang tercemar sampah di Indonesia. Oleh karena itu mahasiswa Prodi Psikologi Universitas Proklamasi 45 melakukan kegiatan membersihkan pantai dari sampah-sampah tersebut. Dan hasilnya banyak sekali di temukan tumpukan sampah khususnya sampah plastik yang jika tidak di bersihkan sampah-sampah ini bisa membawa dampak negatif bagi lingkungan pesisir maupun laut dalam. Sampah-sampah ini berpotensi menyakiti hewan dan biota laut.

 

 Opini saya :

 

   Kegiatan bersih-bersih pesisir pantai ini merupakan langkah yang tepat selain bisa membersihkan sampah-sampah yang menumpuk, kegiatan ini juga bisa mempengaruhi masyarakat yang ada di sekitar pantai untuk mulai membuang sampah pada tempatnya. Karena tentu saja kita semua menginginkan lingkungan yang bersih dari sampah dan agar hal tersebut terwujud membutuhkan kerja sama semua pihak.

0 komentar:

Posting Komentar