2.11.22

MERINGKAS FILM YOUTUBE DAN OPINI SAYA TENTANG MASALAH PENGGUNAAN SAMPAH PLASTIK SEKALI PAKAI

 


''( PLASTIK) - A short film to end plastic pollution in South-East Asia” 

Nama : ALITA DWI NUR’AINI

NIM : 21310410080

Kelas: Regular (A)

 

Mata kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, MA 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Essay 2 meringkas video youtube

Psikologi Lingkungan



Topik

Menyadarkan masyarakat untuk menghentikan  penggunaan plastik sekali pakai kepada masyarakat di India.

Sumber

 ( PLASTIK) - A short film to end plastic pollution in South-East Asia

https://youtu.be/P5OBWbZDZIc

Ringkasan

Sebuah film pendek yang menceritakan seorang  anak perempuan yang menggunakan tropong yang ia buat dari sampah botol plastic, anak tersebut mengamati sekelilingnya menggunakan teropong tersebut. Ia melihat seolah kegiatan makan minum dan yang lainnya di selilingi oleh sampah plastic. Ia melihat ssatu keluarga sedang makan di suatu resto tapi yang ia lihat adalah keluarga tersebut memakan sampah plastic. Ayahnya membelikannnya minuman tapi ia malah melihat minuman tersebut sebagai sampah plastic. Keresahan nya tersebut membuatnya takut seluruh kegiatan akan tercemeri oleh sampah plastic. Sampai pada akhirnya ia yang sadar akan bahaya plastic menggubah dengan cara kecil dengan mengganti penggunaan botol minuman plastic dengan tumblr

Selanjutnya di akhir video di sampaikan bahwa kita harus berhenti menggunakan plastic sekali paki untuk menjaga bumi kita saatnya kita bertanggung jawab bersama melawan sampah plastik #LAWANSAMPAHPLASTIK

Permasalahan

Permasalahan yang di hadapi dalam film pendek tersebut adalah kurangnya kesadaran masyarakat   untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama sampah plastic sekali pakai. banyak sekali sampah plastik yang menumpuk di karenakan penggunaan plastik yang berlebihan dan tidak terkontrol, dan menggunakan plastik sekali pakai. sampah palastik sekali pakai sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di dunia, tentu masalah tersebut adalah maslah yang serius untuk keberlangsungan hidup.

 

Opini saya

Film pendek tersebut cuku membuat saya sadar akan bahaya sampah plastic sekali pakai.

Masalah polusi plastik sedang menjadi isu hangat di Indonesia. Sudah menjadi fakta yang tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia adalah penyumbang terbesar kedua untuk sampah plastik di laut setelah Tiongkok, dengan beberapa perkiraan yang menunjukkan bahwa sampah plastik menyumbang sekitar 10% dari polusi plastik global. Terlebih lagi, diketahui bahwa empat sungai di Indonesia termasuk di antara 20 sungai yang paling tercemar di dunia dalam hal sampah plastik.

Plastik sekali pakai – seperti kantong plastik untuk pembelanjaan atau kegunaan sehari-hari, gelas, sedotan, botol dan peralatan makan – adalah bagian dari kehidupan sehari-hari di Indonesia. Pada saat yang sama, (plastik sekali pakai) menjadi penyumbang terbesar kedua untuk sampah plastik, Hal ini merupakan bukti bahwa tingkat kesadaran di Indonesia tentang daur ulang dan dampak lingkungan dari plastik masih sangat rendah.

Tentunya setiap orang memiliki tanggung jawab akan kebersihan lingkungan di sekitar.






0 komentar:

Posting Komentar