4.11.22

MERINGKAS FILM YANG ADA DI YOUTUBE DAN OPINI SAYA

 Essay 2 Psikologi Lingkungan 

Binti Nadhifah / 21310410118 

Dosen Pengampu : Dr Arundati Shinta, Ma 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Topik

Menjadikan manusia yang peduli terhadap lingkungan dengan menciptakan kesadaran dalam mengelola sampah menjadi sumber daya  berharga dan bermanfaat

Sumber

Waste Management | Sweden -3.08.

https://youtu.be/8krzjlHaGes

Ringkasan

Pengolahan Limbah

Hampir semua yang kita konsumsi akan menjadi limbah, di Swedia komsumsi yang terus menerus harus di cegah kembali agar limbah terolah dengan baik , langkah utamanya adalah dengan menciptakan ekonomi melingkar dan mengurangi jumlah limbah yang di buat, hukum dan peraturan telah di perkenalkan di swedia untuk meminimalkan sampah yang akan masuk ke TPA, dan pentingnya pendidikan untuk meningkatkan kesadaran yang merupakan bagian penting dalam sistem pengelolaan sampah. Akibat tindakan tersebut kurang dari 1% sampah yang akan  masuk TPA.

Pengelolaan sampah sangat penting di seluruh dunia terutama di swedia karna kita hidup di bumi dan harus menjaganya dengan cara mendaur ulang sampah, salah satu contoh mendaur ulang adalah sistem deposit yaitu dengan biaya kecil botol plastic dan kaleng aluminium di bayarkan saat membeli minuman yang kemudian  dikembalikan saat menyimpan botol dan kaleng di stasiun penyimpanan . di fasilitas skala besar di sortir setiap tahun untuk digunakan kembali dengan tujuan untuk meningkatkan lingkaran dalam rantai nilai tekstil.

Sekitar 40% dari limbah organik di swedia diubah menjadi biogas yang dapat digunakan sebagai bahan bakar transportasi, limbah yang tidak dapat di daur ulang karena komponen beracun di manfaatkan sebagai pemanas listrik bahkan sebagai limbah pendingin listrik.

Di swedia sampah di daur ulang sebagai sumber daya yang berharga salah satunya memilih sampah makanan mereka dan memasukkan ke dalam kantong hijau kantong hijau kemudian di angkut ke fasilitas biogas, kemudia biogas dijadikan bahan bakar kendaraan  dan juga memproduksi pupuk yang kemudia di distribusikan ke petani local yang tersebar

Permasalahan

Daur ulang sampah merupakan langkah kecil menyelamatkan bumi jika sampah tidak di daur ulang maka akan terjadi pencemaran  lingkungan dan berdampak buruk bagi kita dan lingkungan dan mahkluk hidup lainya.

Opini Saya

Sampah merupakan masalah serius yang harus di tangani, sampah yang meumpuk dan tidak di kelola dengan benar maka akan mengakibatkan banyak masalah kesehatan, lingkungan hidup dan tempat tinggal.

Menciptakan kesadaran lingkungan di mulai dari diri sendiri dengan cara komitmen mengurangi atau mendaur ulang sampah .

 

0 komentar:

Posting Komentar