4.11.22

ESSAY PRESTASI - KUNJUNGAN KE PANTI REHABILITASI PONDOK TETIRAH DZIKIR

 KUNJUNGAN KASIH KE PANTI REHABILITASI PONDOK TETIRAH DZIKIR

Essay Prestasi (Pengabdian Masyarakat) 

Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

Oleh :

Qoyyimah Sofiati / 21310410036

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia tanggal 10 Oktober 2022, Himapsi (Himpunan Mahasiswa Psikologi) Univ. Proklamasi 45 Yogyakarta melaksanakan kegiatan kunjungan ke panti rehabilitasi sosial. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Himpunan Mahasiswa Psikologi Univ. Proklamasi 45 Yogyakarta kepada para penyandang gangguan mental serta gangguan fisik. Selain itu juga kepada seseorang yang mengalami gangguan fungsi dalam keadaan sosial, terhadap kepuasan atau kebutuhan mereka dalam konteks tertentu di sebuah lingkungan masyarakat.

Kunjungan ini ditujukan untuk menghibur dan juga sebagai bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat yang berbeda atau memiliki gangguan pada mentalnya, memulihkan dan mengembangkan kemampuan seseorang yang mengalami disfungsi sosial agar dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar serta mengedukasi pentingnya kesehatan mental bagi seluruh masyarakat. Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya untuk menyebarkan isu kesehatan mental.

Pondok Tetirah Dzikir ini merupakan salah satu pondok pesantren yang dikhususkan untuk merawat orang-orang dengan gangguan jiwa serta para pecandu Napza (Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya) yang tidak memiliki biaya untuk proses pemulihan. Panti Rehabilitasi Pondok Tetirah Dzikir menampung dan merawat santri ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) dan Napza yang secara gratis dengan metode syariat sesuai sunnah Rasulullah Saw, tanpa metode medis. Para santri sembuh dengan cara yang diajarkan Islam serta merupakan sebuah upaya yang dilakukan sebagai bentuk kepeduliaan mengingat semakin banyak korban dampak dari persoalan degradasi kesadaran manusia. Panti Rehabilitasi Pondok Tetirah Dzikir ini terletak di Kuton, Tegaltirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Dalam sambutan yang disampaikan langsung oleh Bapak Ust. Muhammad Tri Hardono selaku Pengasuh Pondok Tetirah Dzikir bahwa kita membutuhkan pemuda-pemuda yang peduli terhadap orang-orang dengan latar belakang gangguan kejiwaan karena sangat jarang ada yang mau datang untuk menghibur para kekasih Allah, memberikan sumbangsihnya untuk lebih peduli dalam memanusiakan manusia. Para santri yang ada dipondok Tetirah Dzikir juga butuh sentuhan-sentuhan kepedulian dari orang-orang sekitar. Meski begitu, tidak semua santri dibolehkan hadir dalam kegiatan Himapsi, santri-santri yang diperbolehkan ikut hanya berkisar tiga puluhan orang dari ratusan santri yang ada dan mereka hanyalah santri-santri yang sudah mendapat perawatan, sudah bisa dikendalikan. Sedangkan santri-santri lainnya, tetap berada di dalam bangsal dari Pondok Tetirah Dzikir. Adapun kegiatannya adalah senam bersama, games, penampilan bakat seperti seni.

Acara kunjungan ini diakhiri dengan sesi penyerahan bantuan dari pihak Himapsi kepada pihak Panti Rehabilitasi Pondok Pesantren Tetirah Dzikir serta foto bersama para santri. Dari kunjungan ini tentu menjadi pembelajaran bagi seluruh anggota Himapsi utamanya menambah kesadaran diri bagi mahasiswa untuk mementingkan kesehatan mental, menciptakan kondisi lingkungan bebas penyalahgunaan narkoba, serta diharapkan memiliki dedikasi yang tinggi dalam terus menggerakkan kepedulian terhadap kesehatan mental.

Referensi:
Quranesia. (2022, 10 Juli). Setahun lebih menemani Pondok Tetirah Dzikir sebagai Panti Rehabilitasi Gratis melalui program-program Quranesia. Diakses pada https://quranesia.org/program-quranesia-di-pondok-tetirah-dzikir/ 


0 komentar:

Posting Komentar