4.11.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG KAMPANYE JUMAT BERSIH DI DESTINASI WISATA

TUGAS ESSAY 1  PSIKOLOGI LINGKUNGAN

NAMA : Brhyllianda Ridwan Susila

NIM : 21310410115

KELAS : Karyawan SP





Topik

Kegiatan jumat bersih dilakukan untuk upaya menyambut wisatawan yang mulai ramai berdatangan ke Sleman serta menumbuhkan rasa kepekaan masyarakat terhadap lingkungan.

Sumber

(Has) - f :Dispar Kampanyekan Jumat Bersih di Destinasi Wisata. Kedaulatan Rakyat (KR). 4 November 2022, Halaman 5. Kolom 4

 

Ringkasan

Sebuah aksi atau gerakan jumat bersih digagas oleh Dinas Pariwisata Sleman untuk mengajak masyarakat sadar tentang pentingnya kebersihan di lingkungan wisata. Momen ini tepat dilakukan untuk sekarang mengingat ini waktu yang tepat untuk mulai berbenah demi menyambut datangnya kembali wisatawan yang akan berkunjung diberbagai objek destinasi wisata di Sleman setelah sekian lama vakum dan tidak ada aktivitas wisata.  Aksi ini dulunya pernah dilakukan beberapa waktu yang lalu dan sekarang mulai dikampanyekan lagi agar kegiatan harus tetap dilakukan terutama pada hari jumat seperti yang Dispar kampanyekan. Aksi ini juga dibantu oleh karyawan dan karyawati Dispar, tepatnya saat berkunjung di Tlogo Putri dan Gardu Pandang Kaliurang. Kepala Dinas Pariwisata Sleman (Ishadi Zayid) menegaskan kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran melakukan Gerakan Jumat Bersih secara swakarsa oleh para pengelola destinasi, Pokdarwis, para pedagang dan pelaku usaha jasa wisata serta masyarakat yang berada di kawasan wisata. Ia juga menyampaikan bahwa Dinas Pariwisata Sleman akan selalu senantiasa mendampingi demi terwujudnya destinasi wisata yang berkualitas dan menjadi pilihan wisatawan.

Permasalahan

 

Kegiatan di destinasi wisata yang mulai kembali aktif setelah vakum sekian lama tentunya akan menimbulkan aktivitas yang padat dan sampah sisa-sisa aktivitas wisatawan yang tentunya banyak juga. Demi mengantisipasi ini, Dinas Pariwisata Sleman membuat Gerakan Jumat Bersih agar para pengelola destinasi, Pokdarwis, para pedagang dan pelaku usaha jasa wisata serta masyarakat yang berada di kawasan wisata melaksanakan kegiatan tersebut demi kelangsungan wisata agar tetap bersih dan selalu menjadi pilihan wisatawan yang akan berkunjung.

Opini saya

 

Sebuah langkah bijak dan baik dari Dinas Pariwisata Sleman untuk menyambut kembali para wisatawan yang hendak berkunjung ke destinasi wisata di Sleman agar tetap nyaman dengan lingkungan yang bersih. Cara ini dapat ditiru di berbagai kalangan dan instansi lainnya, karena tidak perlu diragukan lagi, kebersihan itu hal yang mutlak untuk keberlangsungan hidup yang lebih baik untuk kita maupun alam.







0 komentar:

Posting Komentar