4.11.22

Essay 1 Psikologi Lingkungan, Meringkas Media Cetak Koran Tentang Kondisi Lingkungan di Teras Malioboro 2 Ketika Turun Hujan dosen pengampu: Arundati Shinta.

 

Essay 1 Psikologi Lingkungan, Meringkas Media Cetak Koran Tentang Kondisi Lingkuangan di Teras Malioboro 2  Ketika Turun Hujan

dosen pengampu: Arundati Shinta. 

oleh:

FENDI HERNANTO (21310410105)

Kelas SP




TOPIK

Hujan deras, Blok Kuliner di Teras Malioboro 2 Tergenang Air

SUMBER

Media cetak Koran tribun jogja, edisi sabtu pahing 12 maret 2022,halaman 5 paragraf pertama.

RINGKASAN

Hujan deras dengan intensitas cukup lama pada jumat 11 maret 2022 mengakibatkan sebagian lapak di teras malioboro 2 tergenang air. Pedagang berharap persoalan ini bisa segera terselesaikan. Menurut keterangan pedagang air masuk ke area lapak melalui saluran drainase yang tak sanggung menampung air hujan. Salah satu pedagang kuliner mengatakan, setiap kali turun hujan area timur teras malioboro 2 selalu tergenang air. Pedagang sudah melaporkan ke pemerintah setempat, dan laporan mereka sudah ditindak lanjuti. Kondisi tersebut diakui sangat mengganggu bagi pengunjung warung juga pejalan kaki. Pantauan dilapangan atap di teras malioboro 2 mengalami kebocoran. Sehingga air hujan menetes tepat di teras malioboro 2 bagian timur. Sebelumnya Pemda DIY memperbaiki insfrastruktur teras malioboro 1 dan 2  menyusul adanya keluhan dari PKL soal kemumculan tampias dan genangan air setiap kali turun hujan. Kepala Bidang Cipta Pekerja Umum DIY, Arief Azazie Zain menuturkan perbaikan dilakukan demi meningkatkan kenyamanan pedagang dan pembeli di teras malioboro 1 dan 2.

PERMASALAHAN

Genangan air hujan pada teras malioboro 2 sehingga menganggu kenyamanan dan keamanan para pedagang dan pengunjung teras malioboro 2.

OPINI SAYA

Hal tersebut seharusnya mendapat penanganan khusus mengingat teras malioboro merupakan salah satu ikon di kota Jogja. Beberapa upaya sebaiknya segera dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Hal yang bisa dilakukan adalah perbaikan infrastruktur seperti perbaikan drainase agar bisa menampung air hujan dan perbaikan atap agar tidak ada kebocoran. Selain itu para pedagang dan juga pengunjung juga harus lebih peduli kepada lingkungan. Dengan tidak membuang sampah/limbah sembarangan dan melakukan penhijuan serta perawatan pada tanaman di sekitar teras malioboro 2 agar ada resapan air, sehingga air tidak menggenang.

 

0 komentar:

Posting Komentar