4.11.22

Essay 2 Psikologi Lingkungan, Meringkas Film di Youtube dan Opini saya Tentang Sampah Plastik

 Essay 2 Psikologi Lingkungan, Meringkas Film di Youtube dan Opini saya Tentang Sampah Plastik 

dosen pengampu: Arundati Shinta. 

oleh:

FENDI HERNANTO (21310410105)

Kelas SP



TOPIK

Kesadaran akan pentingnya peduli terhadap sampah plastic, karena sampah plastic tidak dapat diurai oleh alam dan bagaimana memanfaatkanya.

SUMBER

https://www.youtube.com/watch?v=b6IMpwLAcE0&list=WL&index=2&t=187s

RINGKASAN

Cerita pendek yang dibuat upload oleh channel zulfrian Utiarahman ini menceritakan seorang mahasiswa yang jauh dari rumah dan menyewa tempat tinggal di dekat kampusnya. Suatu ketika ia berjalan pulang dari kampus dan melihat kedua rekannya asyik bermain dengan sampah botol plastic, ia merasa heran mengapa mereka bermain dengan sampah.

Sebelum sampai ke tempat tinggalnya pemuda itu beristirahat di taman sambil mengeluh lapar namun uang kiriman kedua orang tuanya belum smapai, kemudia ia membuang bekas botol minuman yang ia bawa ke taman. Seorang rekannya menghampirinya mengambil sampah yang ia buang beberapa waktu yang lalu. Kemudian pemuda itu bertanya untuk apa ia mengumpulkan sampah. Seorang temannya menjawab akan dibuat kerajianan yang bisa dimanfaatkan  kembali.

Singkat cerita mahasiswa tersebut mengikuti sebuah organisasi pecinta alam, disana banyak teman temannya yang mengumpulkan sampah plastic untuk dibuat kerajinan dan bisa dijual, karena uang kiriman orang tuanya belum sampai ia juga melakukan hal  tersebut untuk bertahan hidup.

Dari situ mahasiswa tersebut berpikir bahwa sampah plastic dapat dimanfaatkan kembali, dan mahasiswa itu juga menyadari bahaya sampah plastic  yang tidak bisa diurai oleh alam yang bisa memberi dampak negative.

PERMASALAHAN

Sampah plastic yang tidak bisa diurai oleh alam jika dibuang sembarangan dapat mengakibatkan banyak dampak negative dari hilangnya kesuburan tanah hingga bencana alam seperti banjir

OPINI SAYA

Penggunaan plastic banyak sekali dampak negative nya, mulai dari tidak bisa diurai hingga mencemari lingkungan. Kurangi penggunaan sampah plastic sebisa mungkin dan apabila harus menggunakan plastic pastikan tidak membuang sembarangan. Belajar memanfaatkan sampah plastic agar tidak menjadi limbah. Sampah plastic bisa dimanfaatkan sebagai kerajinan dan lainya. Mari kita lebih peduli pada linggungan kita dan menjaganya.

 


0 komentar:

Posting Komentar