6.11.22

MERINGKAS FILM PENDEK DAN OPINI

MERINGKAS FILM PENDEK DI YOUTUBE DAN OPINI SAYA TENTANG BIG SEAL RESCUED FROM 45 STRANDS OF FISHING LINE 

ESSAY 2 PSIKOLOGI LINGKUNGAN


DOSEN PENGAMPU:

ARUNDATI SHINTA, M.A


OLEH:

ARNOLDINA LEKI 21310410050


PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA 2022






TOPIK

Big Seal Rescued from 45 Strands of Fishing Line


SUMBER

https://youtu.be/wYhLxcTXVJg


RINGKASAN

Telah terjadi badai pasir yang cukup parah di Namibia oleh karena itu tim pencegahan dari Ocean Conservation Namibia berpatroli di sepanjang pantai Pelican Point untuk menyelamatkan hewan-hewan laut. Pada video itu tampak sekelompok orang menaruh fokus pada seekor anjing laut yang terlilit tali. Tepat pada kamis sore tim Ocean Conservation Namibia mendapat sebuah kesempatan ketika cuaca menempati posisi cerah. Denzil, Naude, dan Antoine bagian dari tim tersebut menemukan anjing laut jantan yang berukuran besar tengah terlilit oleh tali pancing yang melingkar sekitar 45 helai pada bagian leher dan tubuhnya.

Karena cuaca yang panas, sebagian besar anjing laut menepi ke pesisir pantai untuk berjemur, para aktivis dari tim mereka berupaya mendekati anjing laut itu dengan mengendarai sebuah mobil. Dalam video penyelamatan tersebut tindakan-tindakan yang dilakukan oleh tim Ocean Conservation Namibia terekam cukup berbahaya. Naude yang merupakan bagian dari tim mereka akhirnya berhasil menangkap anjing laut tersebut meskipun pada percobaan pertama dan kedua hampir mendekati gagal. Tetapi saat menemui upaya ketiga Naude mendapatkannya.

Bersama dengan Antoine keduanya menyeret anjing laut itu kembali ke tepi pantai kemudian Denzil datang dan mulai memotong tali dengan gunting Leatherman Raptor. Ketika tali itu berhasil diselesaikan, anjing laut itu hampir menggigit Naude sebelum bergerak masuk ke dalam air. Untungnya ia segera melompat ke belakang dengan cukup keseimbangan. Tim mereka selalu berhati-hati sehingga tidak ada yang cedera. Untuk selalu mengantisipasinya, mereka menahan anjing laut itu dengan cukup kuat sebelumnya, selama situasi penyelamatan tadi berlangsung.


PERMASALAHAN 

Penyelamatan anjing laut yang terlilit 45 lingkaran tali pancing pada bagian leher dan tubuhnya hampir menggigit Naude yang merupakan tim Ocean Conservation Namibia, pada setiap tindakan dalam situasi penyelamatan yang dilakukan melewati situasi yang berbahaya untuk dicontoh.


OPINI SAYA 

Tindakan yang dilakukan oleh tim Ocean Conservation Namibia merupakan bentuk nyata kepedulian manusia terhadap makhluk hidup. Mereka mengambil langkah besar menghadapi konsekuensi dari resiko yang ada, tampak pada menit ke 4:13, anjing laut itu hampir saja menggigit salah seorang tim di sana. Hal tersebut mungkin saja sebagai bentuk perlawanan untuk melindungi diri mereka lantaran menemui bahaya.

Perbandingannya, dalam tindakan tersebut besar kemungkinan oknum lain memilih menjadi pengamat tanpa bersusah payah melibatkan diri, yang mana memperhitungkan 90% keselamatan mereka kemudian hanya menaruh harapan cemas berupa simpati terhadap hewan-hewan laut itu. Meskipun keselamatan tim diletakkan sebagai taruhan akan tetapi tindakan yang dilakukan patut memperoleh apresiasi yang tinggi. Jika tidak ada yang memotong tali pancing dan menangkap anjing laut tersebut di hari itu, mungkin saja beberapa dekade berikutnya hewan laut itu masih berenang dalam lilitan lingkaran tali pancing atau ironisnya mati dalam keadaan terlilit.

Demikian untuk menjaga dan terus menumbuhkan rasa peduli terhadap makhluk hidup lain, kita tidak harus turun ke pantai lalu menangkap anjing laut yang terlilit tali pancing, karena profesionalitas dan keberanian sangat diperlukan untuk itu. Memberi makan pada kucing liar, maupun hewan peliharaan, serta berperilaku ramah terhadap hewan di sekeliling kita tanpa mengusik kehidupan mereka saja sudah menjadi bentuk perilaku yang baik dan bertanggung jawab. Untuk itu mari terus menyikapi hal-hal positif seperti ini agar kelak kehidupan terus membawa kita pada kedamaian dan tetap hidup bersisian dengan makhluk ciptaan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar