6.11.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG BAGAIMANA PENGOLAHAN TERHADAP SAMPAH PLASTIK


TUGAS ESSAY PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Dosen Pengampu                    : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Nama                                      : Bagus Kuncoro

NIM                                         : 21310410018

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Topik

Sebuah PKM Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta yang melakukan kegiatan berupa edukasi tentang pemilahan sekaligus pengolahan Sampah Plastik di Desa Panjangrejo Pundong Bantul. 

Sumber

Edukasi Pemilihan-Pengolahan Sampah Plastik, Koran Kedaulatan Rakyat, Jumat Pahing, 28 Oktober 2022

Ringkasan

Edukasi pemilahan dan pengolahan sampah plastik yang disampaikan Dr Trianik widyaningrum Msi, Arif Syamsuddin MPd, Ibdal PhD,Dr rer nat Totok Eka Suharto, Adi Permadi PhD, Mufti Khakim MH, Barry Nur S MPd dan Ahmad Raditya CB Meng yang di ikuti oleh warga Dusun Semampir, Dusun Gunung Puyuh, Dusun Kretek Kelurahan Panjangrejo Pundon Bantul bertujuan agar masyarakat sekitar paham dan menigkatkan kesadaran akan bahaya sampah terutama yang berbahan plastik bila tidak di olah dengan baik. Dengan adanya penyuluhan terkait pemilahan dan pengolahan sampah diharapkan kesadaran msayarakat bisa terbangun untuk memperlakukan sampah pada mestinya dan juga agar pengolahan dan pemilahan sampah plastik bisa dilanjutkan terutama para pemuda karang taruna dapat melaksankan program bebas sampah plastik.

Permasalahan

Adapun permasalahan yang terdapat dalam topik koran tersebut adalah bahaya sampah terutama sampah yang berbahan plastik yang sukar terurai apabila tidak di perlakukan sebagai mana mestinya tidak di olah yang benar maka bisa berdampak tidak baik untuk lingkungan dan pencemaran.

Opini Saya

:Sampah adalah masalah serius yang memang harus ditangani bersama. Banyak limbah pembuangan sampah yang semakin menggunung dan semakin banyaknya lingkungan yang tercemar oleh sampah terutama sampah plastik yaang dimana karakteristiknya susah untuk ter urai. Pola pikir  dan mindset kita terhadap sampah memang harus sedikit demi sedikit dirubah yang semula adalah “ Buang sampah pada tempatnya “, tapi bisa di rubah menjadi “ Mengurangi, Menggunakan Kembali, Mengolah kembali” memang ini tidaklah mudah dibutuhkan kerjasama , pemberian edukasi atau penyuluhan agar masyarakat bisa paham betul bahaya dari sampah yang tidak diperlakukan dan di olah sebagaimana mestinya.

           




                                                                                               

0 komentar:

Posting Komentar