9.11.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN DAN OPINI SAYA TENTANG KEHEBATAN ANAK MUDA

 
Essay 1 Persyaratan Ujian Tengah Semester
Psikologi Inovasi
(Semester Ganjil 2022/2023) 
Mohammad Evansyah (19310410049) 
Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta., M. A
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




Topik

Ditengah pemanfaatan teknologi digital sekarang ini, banyak terselip fenomena yang unik dan menarik. Ada seorang anak muda yang berusaha mengaplikasikan kemampuannya dalam bidang teknologi untuk sebuah perubahan. 

Sumber

Iriyanto, HD (2022). Metamorfosa: Kehebatan Anak Muda. Republika. 31 Oktober 2022, Hal 8.

Ringkasan

    Di era sekarang ini, zaman dan generasi telah berganti. Tampilnya anak muda dalam panggung dan arena kehidupan juga telah mengalami pergeseran. Kehadiran teknologi digital telah membawa perubahan besar. Kemudahan akses informasi, bahkan kemudahan untuk melakukan transaksi dalam berbisnis bisa kita rasakan bersama-sama. 

Tak terkecuali, seorang anak muda bernama Rulli Indrawan yang memiliki tujuan untuk mewujudkan idealismenya yaitu mendirikan Pondok IT secara gratis. Ada obsesi besar untuk menjadikan Pondok IT ini sebagai "Pabrik SDM" yang berakhlaq mulia sekaligus memiliki kompetensi yang mumpuni dalam bidang IT. 

Pada awalnya Rulli galau dengan sistem pendidikan di negeri ini, dengan biaya yang sangat besar dan memakan waktu yang cukup lama, ujung-ujungnya tetap jadi pengangguran. Menurutnya ada yang belum tepat dengan sistem pendidikan kita. Maka diapun memiliki ide untuk mendidik anak-anak muda dengan dua bekal utama yaitu Agama dan IT. Waktu belajarnya pun sangat singkat, hanya enam bulan. Dengan metodenya tersebut sekarang anak didiknya sudah sekarang sudah tersebar di berbagai perusahaan, lembaga, dan instansi yang operasionalnya membutuhkan dukungan IT. 

Secara umum, anak muda sekarang memang memiliki kehebatan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan digital dan anak muda zama sekarang jauh lebih terbuka dalam menerima perubahan. Ketika rentetan kehebatan tadi dipadukan dengan ilmu pengetahuan dan penghayatan agama yang kuat, maka disinilah generasi muda yang keren. Dalam artian pada satu sisi mereka melaksanakan profesinya dengan profesional, namun disisi lain mereka juga bisa menjalani amaliah agamanya dengan sepenuh hati. 

Permasalahan

Sistem pendidikan di zaman teknologi sekarang ini belum tepat, sehingga banyak anak yang sudah menyelesaikan pendidikan tapi pada akhirnya susah dalam mendapatkan pekerjaan akibat kekurangan bekal setelah lulus. 

Opini Saya

Yang dilakukan Rulli merupakan langkah yang baik, mengingat sekarang sangat jarang kita temukan seorang anak muda yang mempunyai kemauan dalam mengaplikasikan kemampuannya untuk menciptakan orang-orang yang memiliki kompetensi dalam bidangnya. 

Dalam sistem pembelajarannya dia membekali anak didiknya dengan memadukan antara ilmu pengetahuan dan agama juga merupakan inovasi yang hebat. Hal tersebut dilakukan agar anak didiknya bisa menyeimbangkan antara ilmu pengetahuan dan agama. 


0 komentar:

Posting Komentar