2.11.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN DAN OPINI SAYA TENTANG INSENERATOR RAMAH LINGKUNGAN

  

Istimewa KR : FTI UII Serahkan Insenerator Ramah Lingkungan

Hosianna Ronauli Simbolon (19310410032)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2022


Topik

Insenerator ramah lingkungan sebagai alat yang bisa diandalkan dalam hal pengelolaan sampah yang sulit terurai.

Sumber

Istimewa KR, (2022). FTI UII Serahkan Insenerator Ramah Lingkungan. Kedaulatan Rakyat. 29 Agustus, hal. 6.

Ringkasan

  • Dekan Fakultas Teknologi Industry (FTI) UII Prof Dr Hari Purnomo menyerahkan secara resmi Insenerator ramah lingkungan kepada masyarakat Desa Girirejo di TPS3R Girirejo Kecamatan Ngamblak Kabupaten Magelang. Penyerahan alat ini ditandai dengan pembakaran sampah sekaligus cara kerja alat tersebut oleh dosen, mahasiswa UII yang KKN   di Kecamatan Ngamblak Magelang serta Kasie Pemerintah Desa Girirejo, Nursalim.
  • Disebutkan bahwa sampah bukan hanya persoalan masyarakat Girirejo semata, namun sudah menjadi persoalan kota atau daerah mana saja.
  • Kasie Pemerintah Desa Girirejo, Nursalim mengakui penggunaan  alat ini masih belum maksimal dan terus ada pembenahan. Alat ini dirasa sangat membantu TPS3R karena selama ini masyarakat Desa Girirejo kesulitan membuang sampah yang sulit terurai , sampah plastic yang tidak bernilai jual, namun kini bisa diselesaikan dengan alat ekselator ini.
  • Daerah Ngamblak berlokasi di dataran tinggi sehingga cenderung memiliki iklim basah. Sehingga pengelolaan sampah dengan teknologi termal membutuhkan banyak energi. Untuk itu teknologi insenerator ini dilengkapi mesin pengerin yag memanfaatkan flue gas dari ruang bakar.

 

Permasalahan

  • Desa Girirejo kesulitan membuang sampah-sampah yang sulit terurai dan sampah plastic yang tidak bernilai jual
  • Desa Girirejo menghasilkan sampah limbah sayur sehari bisa sampai 3 ton, sampah plastik dan pampers  1 ton perhari.

Opini saya

  • Penggunaan alat pengelolaan sampah atau insenerator seperti ini perlu diperkenalkan kepada daerah lainnya, bukan hanya didaerah Desa Girirejo saja, karena persoalan sampah diindonesia saat ini dinilai cukup kritis. Agar permasalahan pengelolaan sampah yang ada dilingkungan dapat diselesaikan sedikit demi sedikit.
  • Dengan adanya alat insenerator ini harapannya dapat  meyelesaikan persoalan sampah di Desa Girirejo. Juga untuk penggunaan alat ini segera dimaksimalkan dan segera dilakukan pembenahan dan perbaikan-perbaikan yang diperlukan  agar produktifitas dari alat tersebut lebih baik lagi.



 

 

0 komentar:

Posting Komentar