2.11.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN DAN OPINI SAYA

Ciptakan SDM Berkualitas di Era Digital


Putri Wulandari (19310410067)

Program Studi Psikologi 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2022

TOPIK

Sumber Daya Manusia yang unggul sangat diperlukan di Era Digital, di era ini masyaraka di tuntut untuk melek teknologi

SUMBER

Isman, Budiono. (KR). 2022. Ciptakan SDM Berkualitas di Era Digital. Kedaulatan Rakyat. 12 Oktober, Hal 6.

RINGKASAN

Teknologi digital merupakan alat yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia, tetapi lebih pada sistem pengoperasian otomatis dengan sistem komputerisasi yang memproses semua informasi sebagai nilai-nilai numerik.

Teknologi digital juga bisa dikatakan sebagai alat dengan system komputerisasi yang menempatkan manusia sebagai operasionalnya. Di era digital ini, kemampuan Sumber Daya Manusia yang unggu sangat diperlukan.

Era digital menuntut masyarakat untuk melek teknologi demi menciptakan kaum pekerja yang handal dan mampu menguasai jaringan. Oleh sebab itu, dibutuhkan SDM yang memiliki keahlian di bidang teknologi digital. Untuk menciptakan SDM yang berdaya guna, bisa dimulai dari sekolah.

Manusia tidak dapat mengelak dengan tuntutan zaman pada saat ini. Hampir semua aspek pekerjaan menggunakan system digital, pekerja harus mampu menguasai teknologi digital. Hanya dengan jaringan internet, sebuah handphone atau laptop, bisa menyelesaikan semua pekerjaan.

Pelatihan dan pengenalan media melalui sekolah, memungkinkan untuk menciptakan SDM yang melek teknologi. Sekarang sudah bukan zamannya gaptek. Semua harus berproses untuk menyesuaikan dengan keadaan sekarang. Mau tidak mau pencari kerja harus paham dengan teknologi digital.

PERMASALAHAN

Di dalam dunia kerja sangat diperlukan SDM yang unggul dan berkualitas, oleh karena itu para pencari kerja sangat dituntut untuk melek teknologi, sesuai dengan perkembangan zaman.

OPINI SAYA

Perkembangan zaman yang sangat pesat, membuat standarisasi di dalam dunia kerja juga semakin tinggi, setiap orang dituntut untuk melek teknologi. Harus memiliki soft skill yang lain di luar bidang keahliannya, sehingga mampu di sebut sebagai SDM yang unggul dan berkualitas. Para pencari kerja memang seharusnya memiliki kemampuan yang sepadan dengan apa yang di harapkan oleh tempat kerja, sehingga nantinya ketika menjalani pekerjaan dapat berjalan beringingan dengan tujuan daripada tempat bekerja.

Pengenalan teknologi sangat mungkin sekali diperkenalkan mulai dari bangku sekolah, namun apakah mungkin bisa dilaksanakan ketika di sekolah tersebut ada larangan untuk membawa telephone atau tidak adanya ruang bagi siswa untuk mengenal teknologi. Tentunya hal ini juga harus diimbangi dengan kemampuan di setiap sekolah untuk menyediakan teknologi yang diperlukan agar mampu menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas.


0 komentar:

Posting Komentar