2.11.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN DAN OPINI SAYA

 Regsosek dan Pendataan Kemiskinan



Putri Wulandari (19310410067)

Program Studi Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2022


TOPIK

Dampak pandemi Covid-19 masih terus berlangsung hingga Tahun 2022. Pengangguran dan kemiskinan masih mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan sebelum adanya Covid-19.

SUMBER

Muchlashin, Anif. (KR). 2022. Regrosek dan Pendataan Kemiskinan. Kedaulatan Rakyat. 6 Oktober, Hal. 11.

RINGKASAN

Pembangunan 2020-2021 dihadapkan pada tantangan yang berat dengan adanya pandemic Covid-19. Perekonomian mengalami konstraksi, pengangguran terbuka dan angka kemiskinan juga mangalami peningkatan. Walaupun pada tahun 2022 pengangguran dan kemiskinan mengalami penurunan dibandingkan 2021, namun masih mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi Covid-19.

Tantangan 2022 juga bukan hanya transisi adaptasi pemulihan pandemi, tetapi juga kondisi global, dampak perang Ukraina-Rusia terhadap peningkatan harga komoditi dunia. Peningkatan harga atau inflasi yang tinggi, jika tidak disertai peningkatan pendapatan atau pengeluaran rumah tangga, maka berpeluang bisa berdampak pada kemiskinan. Untuk menghadapi situasi sebagai wabah pandemi Covid-19, dalam rencana kerja pemerintah 2021 dan 2022 dicetuskan tiga reformasi struktural. Ada reformasi sistem kesehatan, reformasi sistem kebencanaan dan reformasi sistem perlindungan sosial yang menyeluruh bagi penduduk.

Pendataan Regrosek

Reformasi sistem perlindungan sosial diperlukan sebagai perbaikan mekanisme pelaksanaan program perlindungan sosial bagi seluruh warga negara berdasarkan kerentanan. hal ini agar memenuhi prinsip tepat sasaran, tepat waktu, mudah akuntabel dan responsif terhadap kondisi bencana. terdapat enam persyaratan dalam reformasisistem perlindungan sosial. Persyaratan utamanya adalah transformasi data menuju Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) seluruh penduduk. Sebuah upaya perubahan penyediaan data sosial ekonomi yang bersifat sektoral menjadi data yang terintegrasi dan akurat.

Pendataan awal Regsosek akan menghasilkan data terpadu, tidak hanya untuk program perlindungan sosial, melainkan keseluruhan program yang dibutuhkan masyarakat untuk kebijakan pemerintah yang lebih terarah. selain itu juga digunakan untuk kepentingan perencanaan dan evaluasi pembangunan.

Data Regsosek akan menjembatani koordinasi dan berbagai pakai data lintas lembaga dan lintas daerah untuk memastikan pemakaian data yang konsisten.

Beberapa tujuan Regsosek terintegrasi adalah dengan beberapa jenis data dan dapat dimutakhirkan berbagai pihak untuk mewujudkan satu data Indonesia. mengintegrasikan sistem informasi dari program eksisting untuk memberikan gambaran lengkap penerima manfaat dan pemetaan terpusat agar penyaluran program memenuhi prinsip tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat harga, tepat kualitas dan tepat administrasi.

PERMASALAHAN

Dampak pandemic Covid-19 dan perang Ukraina-Rusia menyebabkan terjadinya peningkatan harga atau inflasi yang tinggi, jika tidak disertai peningkatan pendapatan atau pengeluaran rumah tangga, maka berpeluang bisa berdampak pada kemiskinan.

OPINI SAYA

Tingginya tingkat pengangguran akibat dampak Covid-19 menyebabkan terjadinya kecemasan bagi para pencari kerja.

Kekhawatiran tidak akan mendapatkan pekerjaan dapat menjadi salah satu penyebab tingginya tingkat pengangguran dan kemiskinan yang ada di Indonesia.

Ketakutan terhadap menularnya Virus Covid-19 juga bisa menjadi penyebab kebanyakan orang tidak mendapatkan pekerjaan, dikarenakan adanya pengurangan karyawan dan tidak menerima karyawan baru.

Pengangguran dan kemiskinan juga sangat berkaitan erat, hal ini dikarenakan tingkat kemiskinan akan menjadi tinggi apabila banyak orang yang menganggur dan tidak ada penghasilan yang didapat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


0 komentar:

Posting Komentar