2.11.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN DAN OPINI SAYA

 

MENYULAP LIMBAH MENJADI EKOENZYM BERMANFAAT

TRIAS SABILA RAHMAH/19310410036

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Topik

Inovasi dapat mengubah limbah bisa menjadi bermanfaat dengan mengubahnya menjadi ekoenzym

Sumber

Sutopo. (2022). Menyulap Limbah Menjadi Ekoenzym Bermanfaat. Kedaulatan Rakyat. 7 Oktober 2022, hal. 19

Ringkasan

·         Limbah selama ini dikenal sebagai sampah. Keberadaannya sangat meresahkan lingkungan. Untuk mengubah limbah menjadi bermanfaat, butuh inovasi sehingga berguna bagi masyarakat. Sebanyak 40 warga Desa Wisata Pulensari, Wonokerto, Turi, Sleman sangat antusias belajar membuat ekoenzyme yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Sleman dan UGM.

·         Menurut Kepala Dinas Pariwisata Sleman, aktivitas wisatawan, masyarakat, dan pengelola desa wisata tentu tidak lepas dari munculnya sampah. Terlebih lagi desa wisata Pulensari tergolong memiliki jumlah kunjungan wisata yang cukup tinggi sehingga potensi masalah yang berupa sampah dan limbah akan jauh lebih tinggi. Oleh karena itu, Dinas Pariwisata bekerja sama dengan UGM memberikan pendampingan terkait pengelolaan limbah menjadi ekoenzyme yang memiliki manfaat serbaguna yang dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari oleh masyarakat setempat maupun wisatawan.

·         Ekoenzyme merupakan caira serbaguna yang dihasilkan dari proses fermentasi sisa sampah domestik di antaranya sisa buah dan sayuran. Ekoenzyme dapat digunakan sebagai pembersih udara, penghasil ion negatif, pupuk pertanian, pembersih kolam, sabun cuci piring, pestisida, antiradiasi, menyembuhkan bisul, luka bakar dan sebagi desinfektan.

·         Harapannya kedepannya pengelola di desa wisata tersebut dapat mengimplementasikan pengelolaan limbah cair domestik khususnya pembuatan ekoenzyme dapat dilakukan terus menerus dan berkesinambungan.

Permasalahan

Jumlah kunjungan wisatawan di di desa wisata Pulensari cukup tinggi, sehingga potesi masalah yang berupa sampah dan limbah semakin tinggi.

Opini saya

Keberadaan limbah memanglah sangat meresahkan bagi lingkungan. Selain baunya yang tidak sedap, limbah juga berbahaya bagi lingkungan. Dengan adanya inovasi, limbah dapat diubah menjadi ekoenzyme sehingga dapat bermanfaat dan berguna bagi kegiatan sehari-hari. Inovasi berupa pelatihan pembuatan ekoenzyme ini sangat berguna untuk mengurangi permasalahan sampah. Inovasi perlu dimiliki terutama oleh kaum milenial agar dapat menyumbang solusi bagi permasalahan lingkungan yang saat ini sedang terjadi.


0 komentar:

Posting Komentar