3.11.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN DAN OPINI SAYA

 

PELAKU WISATA DIMINTA KELOLA SAMPAH

Electra Alnurin / 19310410004

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2022


 

 

Topik

 

Demi menekan produksi sampah, Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman mendorong pelaku usaha di sektor wisata bisa mengelola sampah secara mandiri.

 

Sumber

 

Umah, A. (2022). Pelaku Wisata Diminta Kelola Sampah. Harian Jogja. 2 November 2022, Hal 6

 

Ringkasan

 

·         Tidak hanya kepada para wisatawan, Dispar juga mengimbau pelaku usaha di sektor wisata mengolah sampahnya. Dispar Sleman melalui Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekraf menginisiasi kegiatan bersih-bersih di Tlogo Putri. Kegiatan ini diharapkan akan membuat masyarakat lebih peduli sampah

·         Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan pengelolaan sampah perlu dilakukan dalam event seperti festival music. Tidak hanya menghadirkan festival yang inklusif tetapi juga memperhatikan produksi sampah. ‘Pengelolaan sampah ini menjadi isu penting, karena ini menyangkut masalah lingkungan. Tidak hanya jadi festival yang inklusif, tapi saya kira juga pengelolaan sampah ini’ ucapnya.

·         Sebelumnya, jatah pembuangan sampah ke TPST Piyungan dibatasi untuk mengurangi antrean truk pengangkut sampah menyusul belum dioperasikannya tempat pembuangan sampah TPS Transisi. Pekan lalu, Sleman punya jatah buang sampah dua kali dalam sepekan. Setelah sempat dibatasi, per Senin (31/10) pengangkutan sampah ke TPST Piyungan sudah bisa dilakukan setiap hari.

 

 

Permasalahan

 

 

Sampah masih menjadi permasalahan yang tak kunjung ada jalan keluarnya. Wisatawan diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sampah menjadi hal yang urgen. Terlebih wisatawan banyak meninggalkan sampah. Hal tersebut terus diedukasi.

 

Opini saya

 

·         Sampah merupakan hal yang tidak akan pernah habisnya. Pemerintah harus memperhatikan khusus akan hal ini. Dengan terus mengimbau masyarakat sekitar serta wisatawan pariwisata yang datang akan dapat meminimalisir permasalahan sampah yang sering terjadi. Lebih efektif lagi jika pemerintah dapat menyasar beberapa destinasi wisata agar mereka dapat secara mandiri bisa mengolah sampahnya.

·         Karena sampah menjadi isu penting sebab menyangkut masalah lingkungan, akan lebih baik jika pemerintah menerapkan kegiatan bersih-bersih. Hal ini diharapkan supaya membuat masyarakat lebih peduli sampah.




0 komentar:

Posting Komentar