3.11.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN DAN OPINI SAYA

 

TPST NITIKAN 2 BEROPERASI 2023

Electra Alnurin / 19310410004

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2022

 




 

Topik

 

 

Keberadaan TPST Nitikan 2 diklaim akan membantu pengurangan sampah sebanyak 80 ton per hari di wilayah setempat.

 

Sumber

 

Leon, Y. (2022). TPST Nitikan 2 Beroperasi 2023. Harian Jogja. 2 November 2022, Hal 5.

 

 

Ringkasan

 

·         Kepala DLH Kota Jogja, Sugeng Darmanto menjelaskan pembangunan TPST Nitikan 2 yang berada di Kemantren Umbulharjo sudah dimulai pada tahun ini. Pada APBD perubahan 2022 pihaknya telah menganggarkan sejumlah dana untuk pembangunan TPST itu. Untuk tahap awal pembangunan akan meliputi pemagaran area TPST dan juga penyusunan tata kala.

·         Menurut Sugeng, TPST Nitikan 2 nantinya akan mengolah sampah jenis organik dan anorganik. Pihaknya juga akan membuat pembatasan agar sampah berakhir di tempat itu tanpa dibuang lagi ke Piyungan lantaran tidak bisa lagi terurai. Skema pembatasan dari tingkat rumah tangga, TPS dan depo sampah juga tengah dipersiapkan.

·         Sugeng mengklaim bahwa dengan beroperasinya TPST Nitikan 2 nantinya diperkirakan mampu mengurangi sampah di Kota Jogja sebanyak 80 ton perhari lantaran adanya pemilihan terlebih dahulu. Dengan adanya 2 TPST yang beroperasi yakni Nitikan 1 dan 2, diharapkan permasalahan sampah di Jogja bisa diatasi dengan optimal.

 

Permasalahan

 

Sampah sebanyak 80 ton per hari di wilayah setempat.

 

 

Opini saya

 

·         Dengan mengadakan TPST di wilayah setempat diharapkan dapat mengatasi permasalahan sampah yang terjadi di Jogja secara optimal. Selain menjadikan lingkungan bebas dari tumpukan sampah yang berserakan. Peduli akan pengelolaan sampah terhadap lingkungan juga akan menjadi contoh atau gambaran bagi masyarakat sekitar. Dengan begitu masyarakat akan mencontoh upaya-upaya yang telah dilakukan.

·         Upaya untuk menjadi yang terbaik di lingkungan warga adalah mengajak warga sekitar bergotong royong dalam membersihkan lingkungan yang dipenuhi sampah agar tidak menimbulkan penyakit dan menjadikan lingkungan bersih dan sehat.



 

0 komentar:

Posting Komentar