1.11.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN DAN OPINI SAYA TENTANG KEMBANGKAN MASJID RAMAH LINGKUNGAN

 

MERINGKAS ARTIKEL KORAN DAN OPINI SAYA TENTANG KEMBANGKAN MASJID RAMAH LINGKUNGAN

Venia Astika Yahya (2131041059)

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamas 45 Yogyakarta

 

 



Topik  

Perencanaan menggelar Konferensi Nasional Masjid Ramah Lingkungan setelah pandemi covid-19. Dan masjid merupakan salah satu platform yang paling bagus untuk mengimplementasikan fatwa-fatwa yang ada, karena masjid tidak hanya ada ibadah tetapi juga ada nilai pendidikan, aksi, dan kemasyarakatan

Sumber

Zahrotul Oktaviani (2022). Ratna Ajeng Tejomukti: Kembangkan Masjid Ramah Lingkungan.

Khazanah Republika. 12 Oktober, hal. 16.

Ringkasan

    - Lembaga Pemulihan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LPLH SDA) Majelis Ulama Indonesia (MUI) berencana menggelar Konferensi Nasional Masjid Ramah Lingkungan, MUI sudah lama menggaungkan wacana tentang masjid ramah lingkungan. Apalagi setelah covid-19 ini, pihak tersebut semakin ingin mengaungkan dam menyebarluaskan wacana tersebut.

   - Dalam wacana Konferensi Nasional Masjid Ramah lingkungan, pihak tersebut ingin agar engage lebih mendalam lagi, yaitu sampai beberapa masjid kampus seperti ITB, UI, UGM.

       -  Menurut pandangan Hayu, paltform yang paling bagus untuk mengimplementasikan fatwa-fatwa yang ada adalah masjid karena MUI sudah menelurkan beberapa fatwa tentang lingkungan hidup dan fatwa-fatwa harus diimplementasikan, dirasonalisasikan dan dioperasionalkan, dalam hal tersebut menunjukan bahwa masjid tidak hanya tempat untuk ibadah tetapi juga harus ada nilai pendidikan, aksi, dan kemasyarakatan.

       - Masjid yang ramah lingkungan adalah masjid yang peduli terhadap lingkungan seperti menghemat air, hijau serta memiliki sumur resapan.

      - Pembahasan dalam konferensi tersebut yaitu tentang lingkungan, masjid, dan ibadah dengan jumlah panel. Yang konferensi tersebut akan digelar secara hibrida, agar dapat diikuti oleh banyak peserta di dari seluruh Indonesia.

 

 

Permasalahan

Perencanaan wacana tentang masjid ramah lingkungan sebenarnya telah lama dingaungkan akan tetapi belum terlaksana, dan setelah pandemi covid-19 ini wacana tersebut semakin dingaungkan dan disebarluaskan

Opini saya

         - Perencanaan konferensi Masjid Ramah Lingkungan merupakan salah satu perencanaan yang sangat baik dan akan lebih baik jika bisa dilaksanakan secepat mungkin dan tidak hanya pada masjid-masjid yang ada di kampus, tetapi diberbagai masjid yang ada di Indonesia ini

         - Masjid yang ramah lingkungan tidak hanya sebatas menghemat air, hijau dan memiliki sumur serapan akan tetapi juga peduli akan kebersihan lingkungan yaitu peduli terhadap sampah, yaitu dengan cara memisahkan antara sampah anorganik dan organik. Sehinga akan memudahkan dalam pengolahannya.



 


0 komentar:

Posting Komentar