28.11.22

MANFAAT LIMBAH KERTAS yang BERNILAI KEINDAHAN

 

MANFAAT LIMBAH KERTAS yang

BERNILAI KEINDAHAN

Essay Prestasi

                        Dosen Pengampu        : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

                        Disusun Oleh              : Pin Gunita Sarasih (21310410074)

                        Kelas                           : Karyawan SJ

                        Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Proses menempelkan kertas

Berbicara mengenai limbah atau sampah, pasti dibenak kita beranggapan bahwa sampah itu kotor, bau, tidak bisa didaur ulang, tidak bernilai, tidak indah dan sebagainya. Kali ini penulis ingin mengajak teman-teman pembaca mengenai bagaimana cara memanfaatkan limbah yang ada disekitar kita. Seperti limbah dapur/organik, dapat dijadikan pupuk.kompos bahkan eco enzim. Penulis disini memanfaatkan limbah kertas. siapa sangka, kertas yang biasanya hanya dibuang begitu saja, untuk bungkus tempe, nasi bungkus, bungkus cabai, ternyata dapat dijadikan sebuah dekorasi yang indah.

Kertas yang merupakan bagian dari kehidupan setiap manusia, memiliki banyak sekali manfaat. Oleh karena itu, jangan menyia-nyiakan limbah kertas. Dunia pendidikan kita tidak bisa dipisahkan antara kertas dan kegiatan proses belajar mengajar. Sampah merupakah suguhan pokok yang terjadi di kota-kota bahkan sampai desa-desa. Kota besar mengalami polusi sampah, demikian juga di desa.

Pada tanggal 24 November 2022, hari kamis, penulis bersama teman-teman kantor mengumpulkan sampah-sampah kertas yang tidak terpakai. Biasanya sampah hasil produksi atau sisa produksi yang tidak terpakai, kami jual ke penjual sampah atau hanya dibuang begitu saja ditempat pembuangan sampah. Penulis bersama teman kantor memanfaatkan sampah kertas tersebut untuk dekorasi ruangan di kantor, yang kebetulan kantor kami berpindah lokasi. Sampah kertas tersebut kami tempel satu per-satu di bagian dinding tembok. Mulai dari tembok muka 1-4 muka tembok. Yang hasilnya ternyata sangat indah, dan bisa dibilang estetik.

Hasil dekorasi kertas

Dengan memanfaatkan limbah kertas yang ditempel di dinding, selain enak untuk dipandang, juga dapat dijadikan tempat baca dinding yang ingin membacanya. Siapa sangka, limbah/sampah yang terlihat kotor, kumuh, dan banyak nilai negatifnya, ternyata terdapat nilai keindahan (positif). Selain dijadikan dekorasi ruangan, limbah kertas juga dapat didaur ulang menjadi kertas buram/kertas undangan, dengan cara di cacah dan diproses menjadi bubur kertas.

Maka dari itu, penulis mengajak kepada para pembaca untuk dapat memanfaatkan limbah/sampah yang ada disekitar kita. Tidak hanya limbah kertas, tetapi limbah-limbah yang lainnya. Karena, jika kita bisa memanfaatkan limbah, maka lingkungan kita juga akan terjaga keindahan serta kesehatannya.

 

Dokumen lainnya :






0 komentar:

Posting Komentar