5.11.22

Karang taruna Serengan Membantu Kegiatan Posyandu Untuk Warga Dukuh Sari

 Karang taruna Serengan Membantu Kegiatan Posyandu Untuk Warga Dukuh Sari

Essay Prestasi Psikologi Lingkungan, 

dosen pengampu: Arundati Shinta ,

Marfino hamzah (21310410055) 

Tugas UTS

 









ikut serta dalam membantu posyandu untuk meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi, Kamis (04/03). Acara tersebut bertempat di Desa Dukuh Sari, Kecamatan Jabon. Dalam pelaksanaan posyandu, masyarakat desa dibagi menjadi 2 kelompok yakni lansia dan balita.

Minggu pertama khusus untuk posyandu lansia, yang ditujukan untuk para warga desa dengan usia 48 tahun keatas. Mahasiswa KKN Umsida menyadari bahwa lansia sangat rentan terkena penyakit. Mereka pun membantu bidan desa untuk menjaga kesehatan para lansia, mulai dari pengecekan berat badan, tinggi badan, kadar kolesterol maupun diabetes.

Di minggu kedua, posyandu dikhususkan untuk balita dengan umur mulai 0 bulan hingga 5 tahun. Pada posyandu tersebut semua balita harus melewati cek berat badan, tinggi badan, hingga suntik imunisasi. “Imunisasi ini berfungsi sebagai kekebalan yang alami sehingga bisa melindungi anak-anak dari penyakit tertentu,” imbuh Zubaidah, salah satu bidan di Desa Dukuh Sari.

Ketika ibu dan anaknya tiba di posyandu, petugas akan langsung melakukan pengecekan suhu tubuh. Mereka pun diminta mencuci tangan dengan sabun di tempat yang telah disediakan, lalu diarahkan untuk menunggu di kursi yang telah diberi jarak. Jejeran kursi kayu yang masing-masing berjarak satu meter tersebut seakan menjadi pembatas antara selasar gedung dengan pematang sawah.

Secara keseluruhan, protokol kesehatan telah berjalan dengan baik seperti penggunaan masker, pengaturan jarak fisik, dan kegiatan mencuci tangan. Selanjutnya, masyarakat akan diarahkan untuk melakukan penimbangan badan, pengukuran lingkar kepala, pemberian imunisasi hingga kegiatan penyuluhan.

Pemantauan tumbuh kembang balita sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk memantau perkembangan sekaligus mengidentifikasi adanya gangguan pertumbuhan sejak dini. Pemantauan ini dapat dilakukan diberbagai pelayanan kesehatan masyarakat, salah satunya adalah posyandu. Dengan diadakannya kegiatan posyandu ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan balita yang ada di Desa Dukuh Sari.


0 komentar:

Posting Komentar