7.11.22

Film The Social Network (2010)

 

Meringkas Film Dari Youtube


ESSAY  2

PSIKOLOGI INOVASI 

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Nama: Argasyah Ahmad Al Kabir (20310410036)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Film The Social Network (2010)

Film The Social Network rilis pada tahun 2010 silam dimana mengisahkan kisah hidup Mark Zuckerberg dalam pembuatan media sosial terbesar di dunia saat ini, Facebook.

Pada bulan Oktober 2003, mahasiswa Universitas Harvard, Mark Zuckerberg dicampakkan oleh kekasihnya, Erica Albright. Lantaran kemarahannya pada sang mantan, Mark menulis sebuah catatan negatif tentang Erica di blog LiveJournal.

Ia kemudian membuat situs web kampus bernama Facemash dengan meretas database perguruan tinggi untuk mencuri foto-foto mahasiswa perempuan. Foto tersebut akan digunakan untuk para pengunjung memberikan penilaian dan rating atas kecantikan mereka.

Meski situs tersebut membuat Mark dihukum, namun popularitasnya menarik kakak tingkatnya, si kembar Cameron dan Tyler Winklevoss  dan rekan bisnis mereka Divya Narendra. Ketiganya mengajak Mark untuk bekerja di Harvard Connection, jejaring sosial untuk mahasiswa Universitas Harvard yang ditujukan untuk berkencan.

Mark kemudian mendekati temannya Eduardo Saverin dengan ide untuk membuat Thefacebook, sebuah situs jejaring sosial online untuk mahasiswa Ivy League. Eduardo menyediakan $1,000 sebagai modal awal, yang mengizinkan Mark untuk membangun situs web yang dengan cepat menjadi populer.

Ketika mengetahui tentang Thefacebook, si kembar dan Divya marah, mereka percaya bahwa Mark mencuri idenya ketika bekerja sama untuk mengembangkan situs web Harvard Connection. Sejak saat itu, Mark terus mengembangkan situs gagasannya dan bertemu dengan para pengusaha. Sementara perjalanan Mark menjadi miliarder terkenal dunia ternyata tak selalu dilalui dengan mulus.

Film The Social Network menceritakan proses perjalanan terbentuknya facebook dari awal. Dalam film Terlihat bagaimana perjuangan Mark Zuckerberg dalam membangun aplikasi yang dapat menghubungkan banyak orang di seluruh dunia tanpa bertemu langsung. Facebook yang awalnya hanya berbentuk website dan pesan instant kini berkembang menjadi aplikasi yang memiliki berbagai fitur mulai dari berbagi foto, video, bahkan media berjualan. Hal itu merupakan salah satu contoh inovasi yang disertai dengan keyakinan keberhasilan.


0 komentar:

Posting Komentar