27.11.22

ESSAY PRESTASI: MEMBERIKAN "COACHING CLINIC" SEPAKBOLA KEPADA ANAK-ANAK UNTUK MENUMBUHKAN JIWA BELA NEGARA


Dosen pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA
Di susun oleh: Ari Kurniawan (21310410044)
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Sepakbola adalah olahraga yang sangat populer di seluruh dunia tak terkecuali juga di Indonesia.  Sepakbola di Indonesia sudah masuk sejak jaman Hindia Belanda dan dimainkan oleh berbagai kalangan dan tingkatan usia mulai dari birokrat hingga rakyat jelata serta dari usia tua sampai muda. Sepaakbola dapat menjadi alat pemersatu sebuah bangsa karena sepakbola dapat menembus batasan-batasan sosial, budaya, ras, suku dan agama. Melalui sepakbola banyak hal yang dapat kita ajarkan, tidak hanya semanta-mata bagaimana cara menendang bola dan cara mencetak gol tapi di sana kita juga di ajarkan menjunjung nilai-nilai sportifitas dan sikap saling menghargai.

Melihat hal tersebut saya tergugah untuk menularkan ilmu yang saya miliki dalam hal kepelatihan sepakbola karena kebetulan saya memiliki pengalaman melatih tim-tim di Yogyakarta dan saya juga memiliki lisensi C AFC yaitu lisensi kepelatihan sepakbola level asia. Saya melihat di desa Kembang, Nanggulan, Kulon Progo banyak anak-anak kecil bermain sepakbola di lapangan tanpa ada yang mengarahkan sehingga menurut pendapat saya sungguh sangat sayang sekali apabila ada banyak bakat tapi kalau tidak diasah dengan baik maka hasilnya juga tidak akan maksimal . Hal yang saya lakukan saat itu adalah saya langsung melakukan koordinasi dengan bapak kepala desa Kembang untuk meminta izin dan menjelaskan rencana saya untuk melakukan coaching clinic kepada anak-anak desa Kembang dan disitu gagasan saya disambut baik oleh bapak kepala desa Kembang beserta perangkat lainnya.

Pada hari minggu tanggal 13 November 2022 pukul 08.00 wib di pantai Glagah, Kulon Progo saya mulai memberikan coaching clinic sepakbola kepada anak-anak, disitu saya mengajarkan tentang dasar-dasar bermain sepakbola yang baik seperti latihan teknik, taktik, peraturan permainan dan nilai-nilai moralitas dalam sepakbola. Di sela-sela saya memberikan coaching clinic saya bertanya kepada anak-anak apakah ada di antara mereka yang ingin menjadi pemain tim nasioanal Indonesia? Hampir seluruh anak-anak menjawab bahwa mereka ingin menjadi pemain tim nasional Indonesia, kebanyakan dari mereka memberikan alasan ingin menjadi pemain tim nasional karena terinspirasi oleh pemain idola mereka yang sering mereka lihat di televisi. Saya mencoba memberikan pemahaman bahwa untuk menjadi pemain tim nasional harus membutuhkan kerja keras, disiplin, pengorbanan dan disertai dengan doa.

Dengan menjadi pemain tim nasional mereka tidak hanya bisa masuk televisi tapi akan ada banyak keuntungan yang bisa mereka dapatkan di luar keuntungan materi. Beberapa keuntungan yang bisa mereka dapatkan adalah berkesempatan melakukan aksi bela negara melalui jalur olahraga khususnya dalam bidang sepakbola dan berkesempatan mengharumkan nama Indonesia dikancah dunia internasional. Aksi bela negara dengan membela tim nasional dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan rasa patriotisme. Dengan aksi bela negara melalui tim nasional Indonesia maka berarti kita sudah berhasil mengamalkan pasal 27 ayat 3 UUD 1945 yang berbunyi “setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”. Saya berpesan untuk jangan lupa terus memupuk rasa cinta tanah air dan patriotisme mereka kepada bangsa Indonesia agar mereka selalu memiliki rasa bela negara yang tinggi dalam membela tim nasional dengan mengenakan jersey kebanggaan garuda di dada.

 

0 komentar:

Posting Komentar