13.11.22

ESSAY PELAYANAN MASYARAKAT SOSIALISASI BERSAMA WARGA RT 11/ RW 05 TENTANG PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKITAR

 

ESSAY PELAYANAN MASYARAKAT

SOSIALISASI BERSAMA WARGA RT 11/ RW 05 TENTANG PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKITAR

Nama : Mustika Febriani

Nim : 21310410004

                                              Dosen Pengampu :  Dr., Dra. Arundhati Shinta, MA.

 

 






Pada tanggal 20 November 2022 , saya melakukan sosialisasi kepada warga RT 11 / RW 05 tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan , karena dengan lingkungan yang bersih virus dan bakteri tidak mudah berkembang pada lingkungan tersebut . Manfaat menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman, itulah salah satu hadits yang harus dijadikan pedoman oleh umat islam, dimana jika ingin beriman dia juga harus memelihara kebersihan. Lingkungan yang bersih adalah dambaan semua warga. Dengan bersih, mereka dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan aman dan nyaman. Kebersihan memiliki manfaat positif bagi mereka yang menjaganya.

Selain melakukan sosialisasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan saya juga membantu warga untuk ikut membersihan kolam lele , menguras kolam yang sudah benar benar mengeluarkan bau yang tidak sedap . Karena budidaya ikan lele menjadi salah budidaya yang dikembangkan oleh warga RT 11 / RW 05 TALUN . Hasil dari budidaya lele tersebut biasa di lelang dengan warga setempat dan uang hasil lelang dimasukan kedalam kas RT . Hal yang pertama dilakukan adalah menguras air dalam kolam tersebut , dalam menguras kolam lele tersebut dibutuhkan kurang lebih 40 menit untuk air benar – benar terbuang .

Kemudian lele lele pada kolam tersebut diambil menggunakan jaring untuk dikumpulkan kemudian ditimbang per kg nya dijual dengan harga Rp. 18.000. Setelah selesai mengambil lele sampai habis , kemudian saya Bersama warga mulai membersihkan kolam tersebut mengambil sisa sisa daun daun lumbu yang biasa menjadi makanan lele selain pelet. Limbah kolam lele pun ternyata bisa dimanfaatkan karena mengandung nitrogen dan pospor yang paling banyak dan berguna untuk menyuburkan tanaman . Air dalam kolam tersebut tidak semuanya dibuang karena akan dijadikan sebagai pupuk cair untuk tanaman selain mengandung nitrogen dan pospor air kolam lele juga megandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman . Setelah itu kemudian kami menaruh benih lele lagi kedalam kolam tersebut dan menaruh air baru kedalamnya .

 

0 komentar:

Posting Komentar