9.11.22

ESSAY 2 PSIKOLOGI LINGKUNGAN

 

DOSEN PENGAMPU : ARUNDATI SHINTA

Disusun oleh : Nisa Nur Lathifah

NIM : 21310410068

Jurusan Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




Topik

Pollution

Sumber

https://youtu.be/nQvS-79VL2Q

Ringkasan

Polusi adalah masuknya bahan berbahaya ke lingkungan. Bahan berbahaya ini disebut polutan. Polutan dapat bersifat alami seperti abu vulkanik. Mereka juga dapat membuat aktivitas manusia seperti sampah atau limpasan yang dihasilkan oleh pabrik. Polutan merusak kualitas polusi udara, air, dan tanah. Polusi adalah masalah global meskipun daerah perkotaan biasanya lebih tercemar daripada pedesaan. Polusi dapat menyebar ke tempat-tempat terpencil dimana ada orang yang tinggal misalnya pestisida, dan bahan kimia yang telah ditemukan di lapisan es antartika. Lapisan es antartika di tengah samudra pasifik utara kumpulan besar partikel plastik mikroskopis membentuk apa yang dikenal sebagai patch sampah pasifik besar.

Polusi tanah merupakan zat beracun yang disimpan di permukaan bumi yang membahayakan dan mengganggu kesejahteraan kita serta memengaruhi kualitas air dan udara. Efek yang paling penting dari polusi tanah, yaitu merusak kesehatan, panen yang buruk agen polusi tanah membahayakan ketahanan pangan dunia dengan mengurangi kualitas dan jumlah hasil panen, perubahan iklim, polusi air dan udara.

Permasalahan

Polusi yang menyebabkan pencemaran air, tanah, dan udara

Opini saya

Polusi terjadi karena bahan berbahaya misalnya berasal dari limbah pabrik, abu vulkanik, sampah rumah tangga, dan lain-lain. Bahan tersebut sengaja atau tidak sengaja terbuang sehingga membuat lingkungan yang terlewatinya menjadi tercemar. Selain membahayakan bagi manusia juga membahayakan bagi organisme lain yang ada disekitarnya. Dari video dokumenter tersebut mengajarkan kita agar lebih peduli lagi terhadap lingkungan dan makhluk hidup lain yang kita agar lingkungan menjadi lebih baik, terawat, dan sehat. Mari jaga bumi kita, dan orang orang disekitar kita.

0 komentar:

Posting Komentar