30.10.22

MERINGKAS VIDEO YOUTUBE BAHASA INGGRIS DAN OPINI SAYA TENTANG Before the Flood Full Movie National Geographic

Before the Flood Full Movie National Geographic

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

Semester Ganjil T.A 2022/2023

 Oleh :

Maliqazuhra Iqbal  (21310410003)

Kelas A (Reguler)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Topik

Before the Flood Full Movie National Geographic

Sumber

Link YouTube: https://youtu.be/zbEnOYtsXHA

Ringkasan            

>    Film dokumenter ini menceritakan mengenai perubahan iklim yang dibintangi oleh aktor kenamaan dunia, Leonardo DiCaprio, yang merupakan aktivis lingkungan dan ditunjuk oleh PBB sebagai Duta Perdamaian.
 >  Film ini dimulai dengan sebuah memori visual dari masa kecil DiCaprio, yakni sebuah poster lukisan karya Hieronymus Bosch yang digantung di atas ranjang bayinya. Setiap malam, ia menatap lukisan itu dan mulai melihat sebuah cerita yang tergambar di lukisan tersebut. Panel pertama menunjukan Adam and Eve di taman Eden, panel kedua memperlihatkan kesenangan-kesenangan duniawi dan populasi yang semakin meningkat, lalu di panel ketiga sesuatu yang mengerikan tentang sebuah kehancuran tergambar di sana.
>    Film ini menggambarkan secara nyata mengenai iklim dunia saat ini. Pada film ini, Leonardo DiCaprio mengunjungi 9 negara untuk melihat perubahan dan penyebab adanya perubahan iklim dan salah satu negara yang dikunjunginya adalah negara Indonesia.
>    Film ini menyoroti pembakaran hutan di Sumatera oleh perusahaan-perusahaan minyak kelapa sawit, dimana mereka menggunakan kelapa sawit sebagai bahan baku begitu banyak produk makanan, kosmetik, dan deterjen. Ironisnya aktivitas pembakaran hutan ini terjadi atas ijin pejabat pemerintahan Indonesia, bahkan disebutkan pula dalam film ini bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat korupsi terbesar di dunia.
>    Hutan yang seharusnya menjadi sumber kehidupan bagi manusia maupun hewan-hewan dan tumbuhan juga sumber penyerapan dioksida, malah dibakar dengan sengaja untuk kepentingan-kepentingan bisnis dan politik. Tidak hanya itu, Before the Flood pun mengungkap banyak fakta-fakta yang dapat kita lihat di sekitar kita yang menjadi penyebab utama menipisnya lapisan atmosfir di bumi kita khususnya memicu terjadinya perubahan iklim gitu Ma.
>    Beberapa percakapan dan wawancara DiCaprio dengan tokoh-tokoh besar dunia pun dapat kita lihat dalam film ini. Salah satunya adalah wawancara Dicaprio dengan Barack Obama. Mereka membahas mengenai usaha-usaha atau perhatian pemerintah terhadap fenomena ini, bagaimana kita (pemerintah dan masyarakat) dapat bersama-sama menemukan jalan keluar bagi masalah perubahan iklim yang semakin pelik tersebut.
>    Di bagian akhir film dokumenter ini, ada sebuah percakapan antara Dicaprio dengan seorang Astronot NASA yang kemudian membawa sebuah harapan bagi keselamatan bumi dari kehancuran karena dampak perubahan iklim, dengan cara memperbaiki kerusakan-kerusakan yang disebabkan manusia. Sebuah pidato singkat DiCaprio dalam pertemuan Paris Climate Accord Sigining di New York City menjadi adegan terakhir yang menutup film ini dengan sempurna.

Permasalahan

·       Film ini merupakan deskripsi perubahan iklim yang terjadi di belahan dunia ini. Film ini menjelaskan bahwa berbagai kerusakan yang terjadi di muka bumi ini disebabkan karena aktivitas manusia.

Opini Saya

·       Menurutku, film ini berkualitas banget dan dijamin cocok untuk dinikmati di waktu luang bersama keluarga. Walaupun mungkin bagi sebagian orang, film dokumenter itu cenderung membosankan.

·       Selain kualitas filmnya, tentunya yang nggak kalah penting adalah pesan tentang peduli lingkungan yang ditekankan oleh DiCaprio dalam film ini. Sehingga dapat mengingatkan kita bahwa ilmu pengetahuan menyatakan kalau perubahan iklim memang terjadi.

·       Namun pada kenyataannya, robot tersebut bukannya mengurangi karbon. Justru sebaliknya, menambah karbon karena perusahaannya berorientasi pada benefit dengan pembangunan perusahaan secara besar-besaran, serta pembangunan cabang di berbagai negara. Artinya ada peningkatan gas rumah kaca akibat pembangunan perusahaan.

·       Salah satu yang paling menarik perhatianku tentunya adalah kunjungan DiCaprio ke Indonesia, tepatnya ke hutan hujan di Pulau Sumatera sebagai salah satu dari tiga hutan hujan besar yang tersisa di dunia. 

·       Lalu yang paling menarik dalam film ini adalah ajakan untuk mengurangi karbon dimulai dari individu kelompok maupun pemerintah. Dari individu, pengurangan produksi atau mengganti makanan yang telah membudaya bisa mengurangi sumbangan karbon terbesar atau merusak lingkungan. Individu perlu mengonsumsi makanan yang tidak banyak menyumbang kerusakan lingkungan.

·       Kemudian dia juga memberikan solusi terhadap global warming dengan cara melakukan perubahan pada diri sendiri baik dari gaya hidup, konsumsi, dan lain-lain.



Dokumentasi Film Dokumenter 

"Before the Flood"

0 komentar:

Posting Komentar