30.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG “SEMPROT 30 RIBU LITER CAIRAN ECO ENZYME KE TPA PIYUNGAN”

 

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG “SEMPROT 30 RIBU LITER CAIRAN ECO ENZYME KE TPA PIYUNGAN”

Essay 1 Psikologi Lingkungan

Oleh:

Tiyas Wulandari

NIM: 21310410108

Kelas Reguler / Semester 3

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



Topik

Upaya mengurangi bau sampah di TPA Piyungan dengan menyemprotkan 30 ribu liter cairan Eco Enzyme.

Sumbar

Tribun Jogja. Selasa, 20 September 2022. Halaman 5, “Semprot 30 Ribu Liter Cairan Eco Enzyme ke TPA Piyunngan”

Ringkasan

·       Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY melakukan aksi penyemprotan cairan Eco-Enzyme di TPA Regional Piyungan guna mengurangi bau sampah.

·       Aksi pertamakali penyemprotan melibatkan berbagai pihak, mulai dari DLHK DIY, PMI Kabupaten Bantul, PMI DIY, BPBD Bantul, Polres Bantul, Tagana Kabupaten Bantul, Sultan Agung Rescue, dan Relawan Eco-Enzyme Bantul.

·       Dewan Kehormatan PMI Bantul, Dwi Daryanto mengatakan, cairan Eco-Enzyme dinilai efektif untuk mengurangi bau sampah. Jika dampaknya memuaskan, maka penyemprotan akan terus dianggarkan sebagai bentuk solusi pengurangan bau sampah.

·       Tidak hanya penyemprotan di lahan TPA Piyungan, Eco-Enzyme juga dituanglan dalam bak penampunga air lindi di Kawasan TPA Piyungan, dan diharapkan aksi penyemprotan bisa dilakukan secara rutin.

Permasalahan

TPA Piyungan yang menjadi tumpuan tiga wilayah meliputi Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, dan Kota Yogyakarta merupakan lahan pembuangan sampah yang menjadi sumber bau sampah menyengat bagi masyarakat. Untuk mengatasi bau sampah tersebut Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY melakukan aksi penyemprotan cairan Eco-Enzyme.

Opini Saya

Menurut saya tindakan yang telah dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY itu benar. Dengan melakukan tindakan penyemprotan Eco Enzyme yang melibatkan berbagai pihak, hal tersebut merupakan bukti kepedulian mereka terhadap sampah yang dihasilkan dari perilaku sehari hari, selain itu tindakan tersebut juga bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar TPA Piyungan. Dengan percobaan pertama kali yang berjalan sukses, diharapka kegiatan penyemprotan bisa dilakukan secara rutin, sehingga bau sampah menyengat di TPA Piyungan tidak menganggu kenyamanan masyarakat sekitar.

 


0 komentar:

Posting Komentar