30.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG OPTIMALISASI BUMKAL KELOLA SAMPAH Penanganan Sampai Berhenti di Kalurahan

 

OPTIMALISASI BUMKAL KELOLA SAMPAH

Penanganan Sampai Berhenti di Kalurahan

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

Semester Ganjil T.A 2022/2023

 Oleh :

Maliqazuhra Iqbal  (21310410003)

Kelas A (Reguler)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Topik

OPTIMALISASI BUMKAL KELOLA SAMPAH

Penanganan Sampai Berhenti di Kalurahan

Sumber

Judirman, K.R. (2022). Bantul. Kedaulatan Rakyat. 14 September. Hal. 3

Ringkasan

·   Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih (12/9) meninjau lokasi pengelolahan sampah yang dikelola BUMKal Guwosari Pajangan Bantul untuk melihat dari dekat upaya pengembangannya. Bupati mengemukakan Pemkab Bantul terus berusaha memperbaiki konsep pengelolahan sampah secara konprehensif di Kab. Bantul yang tujuan akhirnya adalah sampah dipilah sehingga tidak terjadi lagi penumpukan sampah di Piyungan.

·    Pengelolahan sampah di Piyungan masih menggunakan teknologi sanitary landfill hanya di tumpuk diratakan lalu ditumpuk lagi hingga akhirnya menggunung seperti yang terjadi sekarang ini.

·       Oleh karena itu harus dipecahkan dengan cara mendukung BUMKal-BUMKal atau kalurahan untuk mengelolah sampah sendiri-sendiri. Jika setiap kalurahan bisa menyelesaikan masalah sampah sendiri, maka masalah sampah bisa diselesai ditingkat kalurahan dan Piyungan segera ditutup bagi warga Bantul.

·   Sementara pengolahan sampah di Guwosari ini masih ada peluang untuk penyempurnaan. Misalnya dari pemilihan yang dilakukan secara manual itu mendapatkan barang-barang bernilai seperti botol plastik, kertas, bahan organik.  

·      Pengelolaan sampah di Guwosari ini, menurut Bupati Bantul sudah luar biasa. Guwosari salah satu kalurahan yang mampu mengolah sampah dan selesai di Guwosari. Setidak nya target Bantul 'Bersih Sampah 2025 (Bantul Bersama) sudah bisa tercapai di tingkat Kalurahan Guwosari.

·       Sementara Lurah Guwosari, Masduki Rahmad SIP, memaparkan dalam upaya pengelolaan sampah prinsip harus menjadi tanggungjawab bersama, pemerintah dengan masyarakat. "Di Guwosari di kelola oleh BUMKal. Rencana akan dikembangkan lagi. Tapi masih proses pengajuan penggunaan tanah kraton seluas 4 hektare," tuturnya. (Jdm)-f

 

Permasalahan

·       Perkembangan pengelolahan sampah di BUMKal Guwosari yang dapat menyelesaikannya.

·       Pengelolahan sampah di Piyungan yang belum ada perubahan dan masih menggunakan sanitary landfill yang sangat kurang efektif.

·       Medukung BUMKal-BUMKal di kalurahan lain untuk dapat menyelesaikan masalah pengelolahan sampah dengan sendiri-sendiri

Opini Saya

·       Saya berharap agar BUMKal-BUMKal di berbagai Kalurahan dapat mengikuti cara kerja BUMKal Guwosari dalam mengelola sampah hingga selesai.

·       Dan dengan mengganti Teknik pengelolahan di Piyungan akan mempercepat penyelesaian tentang sampah di daerah tersebut , karena apabila sampah di daerah tersebut dapat segera terselesaikan maka TPA Piyungan akan segera ditutup bagi warga Bantul.

·       Dan jadikan pengelolahan sampah ini menjadi tanggung jawab seluruh kalangan baik pemerintahan, maupun masyarakat.

                            Gambar Koran : OPTIMALISASI BUMKAL KELOLA SAMPAH

                                               Penanganan Sampai Berhenti di Kalurahan




0 komentar:

Posting Komentar