30.10.22

MERINGKAS FILM YOUTUBE & OPINI SAYA TENTANG “CLIMATE CHANGE”

 

What is Climate Change? Explore the Causes of Climate Change

Esai 2 Psikologi Lingkungan

Oleh:

Tiyas Wulandari

NIM: 21310410108

Kelas Reguler / Semester 3

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 


Topik

Peristiwa perubahan iklim merupakan permasalahan global dan itu disebabkan oleh peningkatan emisi rumah kaca dari aktivitas manusia.

Sumber

What is Climate Change? Explore the Causes of Climate Change

https://youtu.be/EuwMB1Dal-4

Ringkasan

Peristiwa cuaca ekstim menjadi topik pembicaraan yang hangat di seluruh dunia. Saat ini ilmuwan, tokoh masyarakat, dan pemerintah bersatu dalam mencari solusi perubahan peristiwa ini. 

Iklim merupakan masalah global dan kita harus bekerja sama untuk menyelamatkan dunia kita. Planet kita telah berubah sepanjang sejarah secara bergantian dari zaman es ke periode yang lebih hangat. Bumi telah memulai setidaknya zaman es utama sejak 12.000 tahun yang lalu. Jika iklim di bumi selalu mengalami perubahan, mengapa perubahan iklim seperti itu menjadi masalah besar hari ini?

Sejak dimulainya revolusi industri pada tahun 1760 suhu rata-rata bumi telah meningkat lebih cepat dari sebelumnya, efek yang dikenal sebagai permasalahan global dan itu disebabkan oleh peningkatan emisi gas rumah kaca dari aktivitas manusia di bumi. Kegiatan manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil, deforestasi, dan dekomposisi limbah limbah pertanian telah meningkatkan jumlah gas rumah secara drastis.

Gas rumah kaca bisa bertindak seperti selimut di bumi yang memerangkap panas dari sinar matahari, ini disebut efek rumah kaca, jika efek rumah kaca terlalu kuat maka dapat menyebabkan masalah peningkatan suhu yang tidak alami yang menyebabkan es di Atlantik dan Antartika serta gletser dan salju di seluruh dunia mencair. Sehingga es yang mencair mengalir ke lautan dan menyebabkan permukaan laut naik. Hal ini mengakibatkan pulau-pulau kecil dalam bahaya bahkan menghilang terutama di wilayah Pasifik dan Karibia. Naiknya permukaan laut juga menyebabkan banjir yang menghancurkan di banyak negara seperti Cina, Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Thailand. Banjir ini tidak berbahaya langsung bagi manusia tetapi juga dapat merusak tanaman dan pertanian yang digunakan untuk memberi makan penduduk.

Efek lain dari kenaikan suhu adalah lautan memanas dan menguap lebih cepat dari biasanya, meningkatkan terjadinya badai parah dan hujan deras. Pemanasan global membuat cuaca lebih ekstrem, membawa kekeringan lebih lama, cuaca panas, kelembaban tanah dan suhu tinggi, dan meningkatkan risiko kebakaran hutan. Selain itu suhu tinggi baik di darat dan di lautan dapat mempengaruhi ekosistem halus bumi. Banyak hewan terpaksa bermigrasi ke daerah lain untuk bertahan hidup. sementara yang lain kehilangan habitat mereka.

Jadi kita bisa melakukan apa saja untuk mengatasi efek perubahan iklim?. Perubahan iklim telah mencapai titik yang belum pernah dialami umat manusia sebelumnya. Masa depan planet kita ada di tangan kita, kita harus membuat pilihan cerdas dalam mengatasi masalah ini dengan tindakan ramah lingkungan. Beberapa solusi untuk membatasi pemanasan global termasuk beralih dari pembakaran bahan bakar fosil ke energi terbarukan dan sumber energi yang lebih baik. Seperti pembangkit listrik tenaga air, surya atau energi angin mengurangi emisi yang disebabkan oleh industri dan transportasi. Dengan berinvestasi pada teknologi yang lebih hijau dan membatasi deforestasi lahan dan berinvestasi dalam bentuk pertanian yang lebih hemat ruang seperti pertanian vertikal.

Selain itu, hal-hal yang dapat kita lakukan dengan mudah di rumah misalnya mendaur ulang sampah dengan pengomposan sampah organik, makan lebih banyak sayuran dan lebih sedikit produk daging, menghemat listrik, dan membeli barang-barang yang bertahan lebih lama atau dapat digunakan kembali. Orang-orang di seluruh dunia bekerja sama untuk merekayasa dan mengembangkan solusi untuk masalah perubahan iklim. Bhutan adalah negara paling negatif karbon di dunia, Kostarika telah mencapai 99% energi terbarukan, dan Cina sekarang adalah pemimpin dunia dalam tenaga angin. Perubahan iklim adalah masalah global dan masa depan kita tergantung pada tindakan yang kita ambil hari ini.

Kita harus bekerjasama menjaga bumi untuk menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.

Permasalahan

Perubahan iklim merupakan masalah lintas batas negara, karena emisi yang dihasilkan sering mempengaruhi negara lain serta lingkungan global. Perubahan iklim menjadi isu lingkungan yang penting untuk diperhatikan oleh masyarakat global karena dampak yang ditimbulkannya secara tidak langsung dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, seperti wabah, penyakit, menurunnya produksi yang dapat meningkatkan ancaman bagi masyarakat, langkanya sumber air bersih, rusaknya keanekaragaman hayati, hingga potensi bencana alam.

Opini Saya

Menurut saya masalah perubahan merupakan masalah bersama yang harus dihadapi semua negara karena masalah ini berkaitan dengan perubahan sistem iklim bumi yang dapat mengancam kehidupan akibat aktivitas warga dunia. Perlu adanya kerja sama internasional untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dalam paradigma pembangunan berkelanjutan, yaitu pembangunan yang dapat memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk mencukupinya. Perubahan iklim yang sifatnya lintas batas telah menjadi masalah global yang memerlukan  upaya bersama untuk memecahkannya. Oleh karena itu, negara-negara maju perlu memberikan kontribusi nyata dalam memperbaiki lingkungan hidup, karena mereka memiliki dan paling besar kerusakan lingkungan dan eksploitasi lingkungan. Semua negara di dunia sudah saatnya melakukan aksi nyata dalam menyelamatkan bumi yang diakibatkan oleh aktivitas pembangunan yang tidak ramah lingkungan.

 



0 komentar:

Posting Komentar