30.10.22

MERINGKAS FILM BAHASA INGGRIS DARI YOUTUBE & OPINI SAYA TENTANG SAMPAH PLASTIK

 

“Why we need to stop plastic polution in our ocean for good”--Oceana

Nama: Ahmat Ramadanil

NIM: 21310410077

Kelas: Regular (A)

Mata kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, MA 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Essay 2 Psikologi Lingkungan

 


 

 

Topik

Memerangi sampah plastik yang bertaburan di lautan luas

Sumber

Why we need to stop plastic polution in our ocean for good--Oceana

https://www.youtube.com/watch?v=Yomf5pBN8dY

Ringkasan

Sebuah film narasi pendek dari channel Youtube Ocean yang berujudul “Why we need to stop plastic polution in our ocean for good” merupakan film yang menyelidiki mengenai permasalahan sampah plastik di lautan yang tidak kunjung menemui titik terang selama ini. Sebab. lautan kita menopang kehidupan lautan yang melimpah, serta dapat memberi makan satu miliar orang makanan sehat setiap hari selamanya, tetapi sekarang mereka dipenuhi dan dibunuh oleh plastik yang dibuang setara dengan satu truk sampah ke lautan setiap menit. Pada film narasi ini menggambarkan betapa banyaknya sampah-sampah yang dibuang oleh manusia ke lautan dan menyebabkan beberapa hewa-hewan mati tragis.

 

Pada bagian awal film, ditunjukan beberapa bagian lautan yang penuh efek kehancuran, misalnya: Dasar lautan. Di daerah sana, hewan-hewan mati seacara brutal menghadapi kejamnya perbuatan manusia yang menyebabkan tempat tinggal mereka dan hidup mereka menjadi porak-poranda. Dampak dari kebengisan ini dapat terliihat pada video ini, di mana sampah-sampah memenuhi dasar lautan sampai lautan terdalam pun terkena ini semua secara merata. Sudah pasti juga, hal ini telah mengubah banyak kehidupan di lautan tersebut, dan menjadikan alasan mengapa begitu biota laut mati.

 

Para peniliti mengatakan sejauh ini lebih dari 60% spesies ikan paus dan lumba-lumba terpengaruh oleh itu semua, dan plankton sebagai dasar rantai makanan laut ikut memakan sampah tersebut dan begitu juga kita ketika snorkeling Peniliti juga mengatakan puluhan juta orang dalam jangka setahun bisa terlantar karena bencana, diperparah oleh perubahan iklim. Ketika orang tergusur oleh iklim, mereka mungkin pergi ke kota, karena kota adalah tempat yang menarik bagi orang-orang pedesaan.

 

Di bagian akhir video, para peniliti meyakinkan penonton untuk tetap optimis dalam meghadapi kegilaan yang masih ada untuk saat ini, dan mengharapkan semua instrumen masyarakat ikut andil di permasalahn ini, serta peneliti berharap-harap cemas agar hal ini tidak membawa kita semua ke jurang kehancuran.

Permasalahan

Yang menjadi permasalahan utama adalah  ulah manusia yang membuang sampah plastik ke lautan dan tidak kunjung menemui titik terang. Hal ini juga membuat hewan-hewan mati secara brutal menghadapi kejamnya perbuatan manusia yang menyebabkan tempat tinggal mereka dan hidup mereka menjadi porak-poranda.

 

Kondisi seperti ini sangat-sangat memprihatinkan untuk tahun-tahun berikutnya apabila masyarakat tidak segera menyadarinya sedari sekarang. Akan banyak sekali flora serta fauna di lautan yang akan musnah habis oleh sampah dan oleh akibat perbuatan ulah manusia.

Opini Saya

Dengan adanya film dokemuntari ini, kita bisa mulai mempersiapkan sebaik mungkin untuk menghadapi semua tentang sampah plastik yang bertebaran di lautan. Ini semua tidak terjadi begitu saja, sebab semua pasti akibat ulah manusia yang tidak pernah mengerti akan keperdulian tentang sampah plastik.

 

Dalam menangani populasi tentang sampah plastik kita semua perlu menerapkan metode 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle). Metode ini merupakan salah satu cara yang terbaik dalam mengelola dan menangani sampah plastik dengan berbagai jenisnya. Penerapan sistem ini juga sangat baik untuk mengelola sampah dari berbagai jenis plastik, entah itu sampah plastik yang aman ataupun sampah plastik yang beracun.

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar