31.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TETANG TPA PATI



DOK: SEKOLAH ADIWIYATA JADI ANDALAN

Nia zulkhaini (21310410097)

Essay 1 syarat UTS

Dosen pengampu: Arundati shinta

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

Topik

Sekolah adiwiyata sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa perduli akan lingkungan dan menjaga lingkungan dari kerusakan-kerusakan akibat ulah manusia, seperti pembuangan sampah secara sembarangan.

Sumber

Muria. (2022). Dok: Sekolah Adiwiyata Jadi Andalan. Suara Merdeka. 4 Oktober, hal 15.

Ringkasan

Pati dinilai cukup baik dalam pengolaan tempat pembuangan akhir (TPA). Hal itu seperti diungkapkan oleh kepala DLH Tulus Buharjo. Dikatakan, pada akhir September kemarin telah dilakukan penilaian Adipura. Tim telah mengunjungi sejumlah tempat untuk melakukan pengecekan di lapangan. “Diantara yang dipantau yakni sekolah, jalan raya, fasilitas kesehatan, terminal, fasilitas umum, saluran terbuka atau irigasi serta tempat pembuangan akhir (TPA”.Sistem pengolahan sapah di TPA Pati dinilai menjadi salah satu andalan dalam penilaian Adipura. Selain itu keberadaan sekolah Adiwiyata di Pati cukup aktif baik secara kualitas maupun kuantitas.”selama pandemi sekalipun sekolah Adiwiyata tetap aktif.  Sekolah ini juga sering mendapatkan penghargaan di bidang lingkungan.

Pati dikatakan mendapatkan nilai lebih lantaran sejak 2019 atau selama pandemi selalu aktif dalam pengiriman laporan data terkait pengolahan sampah. Beberapa waktu yang lalu terdapat pemasangan pipa gas metana di tempat pembuangan akhir (TPA) Sukoharjo Pati.

Permasalahan

Pipa gas metana baru saja dipasang pada (TPA) padahal Gas metana yang terbentuk dari tumpukan sampah dapat menyebabkan kerusakan ozon bumi karena gas metana termasuk gas-gas rumah kaca yang dapat mengakibatkan perubahan iklim. Pengolahan sampah pada (TPA) pastinya membutuhkan waktu yang tidak sebentar apalagi setiap hari pasti akan mendapat kiriman sampah baru dari masyarakat. Hal tersebut yang akan mengakibatkan semakin terbentuknya gas metana dari sampah.

Opini saya

Apabila membahas tentang sampah pasti tidak ada habisnya, karena sampah akan selalu ada selama masih ada manusia di bumi ini. Dengan adanya sekolah adiwiyata ini cukup menumbuhkan rasa cinta akan ligkungan sekitar dan tumbuhnya rasa perduli akan lingkungan terutama pada sampah. Tidak semua sampah bisa terurai dengan sendirinya maka dari itu butuh kesadaran masyarakat untuk lebih perduli akan sampah seperti contoh diatas yang menjelaskan bahwa Pati merupakan salah satu kota yang dinilai cukup bagus dalam pengolahan tempat pembuangan akhri (TPA). TPA Pati juga telah melakukan pemasangan pipa penangkap gas metana, hal ini cukup bagus sebagai upaya pengurangan dampak buruk dari sampah yang terkait dengan lingkungan sekitar.







0 komentar:

Posting Komentar