31.10.22

MERINGKAS FILM YOUTUBE & OPINI SAYA TENTANG CLIMATE CHANGE - A SHORT FILM (4K)

 


Climate Change – A Short Film (4K) 2021

Nia Zulkhaini (21310410097)

Essay 2 syarat UTS

Dosen pengampu: Arundati Shinta

Fakultas Psikologi Proklamasi 45

Yogyakarta

 

Topik

Penumpukan karbondioksida pada lapisan atmosfir menahan panas bumi untuk keluar sehingga terbentuknya rumah kaca

Sumber

Climate Change – Ashort Film (4K) 2021 – 3:38

https://youtu.be/jAa58N4Jlos

 

Ringkasan

Saat ini kita sedang menghadapi bencana skala global buatan manusia, ancaman terbesar kita dalam ribuan tahun yaitu perubahan iklim. Jika kita tidak segera mengambil tindakan akan terjadi runtuhnya peradaban dan punahnya sebagian besar alam. Orang-orang di dunia telah membicarakan bahwa jumlah karbon dioksida di atmosfer sekarang 50% lebih tinggi dari pada than 1900. Tidak hanya menumpuknya karbon dioksida di atmosfer tetapi juga penebangan pohon secara liar di hutan itu sendiri adalah konsumen karbon dioksida paling efesien yang ada di bumi kita yang akan menghancurkan tanah. Karena penebangan pohon dengan jumlah yang berlebih mengakibatkan kerusakan lingkungan seperti mengakibatkan sering terjadinya banjir dan longsor. Kita sebenarnya merusak iklim bumi dan atmosfer. Ketika kita berbicara tentang lapisan ozon kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi ketika lapisan ozon hilang. Dunia telah menjadi begitu rapuh. Dan ketika kita bicara tentang efek rumah kaca kita sedang berbicara tentang kelangsungan hidup planet itu sendiri. Jika kita tidak menghentikan perusakan alam kita, maka akan terus muncul masalah baru mengenai alam ini. Sederhananya jika kita tidak melindungi alam, kita tidak bisa melindungi diri sendiri. Satu-satunya cara memecahkan masalah adalah dengan solusi manusia, dengan kesadaran untuk menjaga alam, kita tidak bisa hanya duduk menunggu keajaiban untuk menyelamatkan alam kita.

Permasalahan

Semakin hari semakin bertambah gas karbon dioksida yang menumpuk dan tertahan di atmosfer. Penumpukan karbon dioksida yang ada pada lapisan atmosfer akan menahan panas dari permukaan bumi untuk keluar, sehingga disebut dengan efek rumah kaca.

Kurangnya kesadaran manusia akan menjaga alam sekitar.

Semakin meningkatnya jumlah penebangan pohon secara liar dihutan yang mengakibatkan kurangnya penyumbang oksigen bagi bumi yang berperan untuk mengurangi zat karbondioksida yang terkandung dalam udara di bumi.

Opini saya

Menumbuhkan rasa perduli akan lingkungan merupakan langkah awal untuk memperbaiki kerusakan pada alam ini. Salah satunya dengan cara membuang sampah pada tempatnya, melakukan reboisasi pada lahan yang gundul, melakukan pencegahan terhadap penebangan pohon secara liar. Hal ini juga merupakan tugas penting bagi pemerintah,  pemerintah harus lebih sering melakukan penyuluhan mengenai kebersihan lingkungan dan memberikan tindakan nyata terhadap perubahan lingkungan untuk menjadi lebih baik dan juga memberikan sangsi kepada para pelanggar atau para perusak lingkungan. Lingkungan yang bersih akan menciptakan hidup yang sehat, begitu juga sebaliknya lingkungan yang kotor akan menyebabkan banyaknya virus yang berkembangbiak dan menyebarkan penyakit.

0 komentar:

Posting Komentar