30.10.22

MERINGKAS FILM YOUTUBE & OPINI SAYA TENTANG DAMPAK SAMPAH PADA KEHIDUPAN

 

MERINGKAS FILM YOUTUBE & OPINI SAYA TENTANG DAMPAK SAMPAH PADA KEHIDUPAN

DROWNING IN PLASTIC

ESSAY 2 PSIKOLOGI LINGKUNGAN

AGUNG SUTRISNO

NIM: 21310410149

Kelas Karyawan/Semester 3

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




NO.

Hasil Ringkasan

1.

Topik

Dampak Sampah Pada Kehidupan

2.

Sumber

India: Drowning in plastic

Film – 26:00

https://youtu.be/_UD-guTCP_c

3.

Ringkasan

Film India: drowning in plastic – founders Valley (9/10)| DW Documentary merupakan film documenter yang  dibuat oleh DW Documentary. Tokoh pada film documenter tersebut adalah Fridtjof Detzner yang diproduseri oleh Carmen Meyer dan Valay Singhrai. Film ini menceritkan tentang pengelolaan sampah di India, pada awal film diperlihatkan betapa banyaknya sampah yang menggunung, kemudian sapi-sapi dibiarkan berkeliaran di tempat pembuangan sampah tersebut. Namun, lambat laun sapi yang mengkonsumsi makanan dari tempat sampah akan terserang penyakit pada pencernaannya karena. Pemilik sapi membawa ke dokter hewan setempat untuk melakukan operasi. Seperti yang bisa dilihat di video tersebut, dalam perut sapi terdapat banyak sampah plastik yang beratnya bisa mencapai 15-20kg. setiap hari ada kurang lebih 5 sapi yang datang untuk dilakukan operasi. Untuk mengontrol jumlah sampah yang diproduksi oleh masyarkat Srikrishna Balachandran menciptakan aplikasi penghitung jumlah sampah yang telah dikeluarkan oleh setiap 1 orang setiap harinya. Founder berharap dengan adanya aplikasi tersebut, masyarakat India mampu mengurangi pembuangan sampahnya. Dibagian akhir video, presenter menyampaikan kepada seluruh masyarakat di dunia untuk berhenti menggunakan kemasan sekali pakai agar lingkungan menjadi bersih dan juga sehat. Film documenter ini telah mendapatkkan penghargaan medali emas di New York Festivals dan juga mendapatkan penghargaan medali perunggu dikategori documenter.

4.

Permasalahan

Permasalahan umum yang dihadapi oleh masyarakat India adalah kurangnya tingkat kesadaran masyarkat tentang pembuangan sampah. Yang seharusnya dipilah sebelum dibuang, namun malah dibuang semuanya. Sehingga lingkungan menjadi sangat kotor. Kurangnya peran pemerintah India dalam penanganan sampah dinilai cukup kurang, bisa dilihat di dalam video, bahwa hanya ada 1 buldoser yang membantu merapikan tumpukan sampah di gunung sampah tersebut.

5.

Opini Saya

Menurut saya, pembuangan sampah yang tidak dipilah terlebih dahulu akan menimbulkan kerusakan lingkungan. Gas yang dihasilkan dari sampah akan naik ke udara, kemudian menimbulkan bau yang tidak sedap dan juga menimbulkan efek rumah kaca. Sehingga suhu disekitar tempat tersebut sangat panas. Seharusnya dibuatkan aturan baku tentang larangan penggunaan kemasan sekali pakai, agar gunungan sampah bisa tercegah. Manusia, hewan, tumbuhan adalah sebuah keselarasan yang tidak bisa dipishakan. sebagai manusia yang dianugrahi akal sudah seharusnya bisa introspeksi diri dengan melek melihat kondisi lingkungan yang sudah tidak baik-baik saja. Sudah selayaknya manusia sadar bahwa ketika kita tidak bisa menjaga alam, maka yang harus ditunggu ialah kerusakan dan bencana.









0 komentar:

Posting Komentar