30.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG Kota Magelang Menuju Nol Sampah.

 


Kota Magelang Menuju Nol Sampah
SATRIA ALFIAN
19310410053

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

2022

Topik

Menuju Kota Magelang Yang Bersih Dari

Sumber

Zahra, I (2022). Kota Magelang Menuju Nol Sampah. Magelang Ekspres . 4 Oktober, Hal. 5 dan 7.

Ringkasan

-          Sampah itu seharusnya bisa dikatakan bahwa bisa membawa berkah bukan musibah karena itu sampah bisa juga di manfaatkan sebaik baiknya di kelola dengan benar. Khususnya warga di Kota Magelang sendiri dengan adanya Bank sampah masyarakat Kota Magelang dapat mengelola sampah dengan baik. Karena  Manusia memiliki banyak kebutuhan. Manusia memenuhi berbagai kebutuhan sejak lahir sampai dengan kematian. Pemenuhan kebutuhan manusia seperti pangan, sandang, maupun papan selama umur dikandung badan

-          Dengan adanya Bank sampah di Kota Magelang juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat. Dengan adanya program seperti ini dapat membawa dampak positif bagi masyakrat. Hal tersebut dibuktikan dengan terus meningkatnya setoran sampah anorganik ke Bank sampah induk. Begitujuga dengan sampah organik dapat juga meningkatkan dari sektor pertanian dan peternakan karena bisa dimanfaatkan untuk pupuk, kompos dll.

-           Bank sampah induk di Kota Magelang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sudah memberikan penyuluhan terhadap masyrakat Kota Magelang tentang pengelolaan sampah rumah tangga, khususnya sampah organik.

-          Pemerintah kota magelang telah melakukan eco-enzym , yaitu pengelolaan sampah bahan organik perumahan seperti kulit buah yang difermentasi selama 90 hari.

-          Eco enzym metode pengelolaan sampah yang manfaatnya tidak dijadikan pupuk yang manfaatnya tidak dijadikan pupuk melaikan dijadikan sebagai obat asam urat.

-          Selain eco enzyme, Bank sampah induk di Kota Magelang juga memiliki trobosan yakni budidaya Magelang.

Permasalahan

-          Pemerintah Kota Magelang bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersinergi membangun Bank sampah di Kota Magelang. agar menjadikan Kota Magelang  bersih dari sampah dan sesuai dengan program pemerintah kota magelang yaitu “ Kota Magelang Menuju Nol sampah”. Hal itu juga di dukung dengan beberapa program  dari pemerintah agar hal tersebut bisa terwujud secara nyata, namun demikan hal ini juga harus di dukung dengan antusias Masyarakat Kota Magelang.

Opini saya

-          Hal ini juga harus di dukungan dengan warga masyarakat agar program ini berjalan dengan baik dan sempurna.

-          Kesadaran masyarakat dalam membuang sampah juga harus tetap di tingkatkan dan dapat memiliah jenis sampah organik dan non organik.

-          Adanya sosialisasi dari pemerintah kepada masyrakat dengan memberikan edukasi secara merata.


 



0 komentar:

Posting Komentar