21.10.22

MERINGKAS FILM YOUTUBE & OPINI SAYA TENTANG KETERBATASAN BUKAN PENGHALANG

 

Front of the Class


 

Maria Eventia Claudia Ponomban

21310420021

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Topik

Menjadi panutan bukan hal yang mudah. Berusaha bekerja keras untuk menjadi lebih baik terlepas apapun yang sedang kita alami baik itu pemasalahan hidup maupun sakit penyakit.  Memang menjadi berbeda itu tidak baik tapi itu keistimewaan yang bisa kita olah dan kita bisa hidup berdampingan dengan hal tersebut.

Sumber

Front of the Class | 2008 | Peter Werner| Andrew Gottlieb |1 jam 37 menit

Front of the Class 2008- ( HIGH QUALITY-)CHINESSE AND SPANISH SUB (BASED IN A TRUE STORY) - YouTube

Ringkasan

Bradley Cohen merupakan seorang guru yang menderita sidrom Tourette  sejak usia enam tahun. Sidrom ini membuatnya mengeluarkan ucapan atau gerakan yang spontan yang tidak dapat dikontrol sehingga ia dianggap anak yang sering dianggap sengaja melakukannya untuk mencari perhatian. Saat Bradley merasa emosi, panic dan tertekan gejala sindromnya akan semakin parah. Akan tetapi ia memiliki Ibu yang terus menyemangatinya dan memotivasinya untuk tetap percaya diri dan tidak menyerah meski penyakit yang dideritanya tidak dapat disembuhkan.

 

Ringkasan (lanjutan)

Bradly menemukan sekolah yang dapat menerima kekurangannya dan ia terinspirasi menjadi seorang guru.

Saat ada pertunjukan orchestra disekolahnya Bradly diminta oleh kepala sekolah untuk menghadirinya, akan tetapi dia takut merusak acara tersebut. Namun kepala sekolah tetap menyuruhnya datang dan benar dia pun mengganggu seisi ruangan. Akan tetapi kepala sekolah memintanya naik keatas panggung dan menayakan “apa yang bisa kami lakukan untuk membantu kamu?” ia kemudian menjawab ”saya ingin diperlakukan dan diberi kesempatan sama seperti orang lain”. Setelah kejadian itu ia tidak mengalami diskriminasikan lagi sampai lulus sekolah.

Setelah dewasa Ia mendapatkan sertifikat mengajar namun tak mudah untuk melamar menjadi guru karena keterbatasannya. Sampai suatu ketika ia diterima mengajar disekolah dasar. Brad selalu menyajikan materi pelajaran yang menarik.

Dia bekerja keras sehingga murid-muridnya antusias mengikuti pelajarannya. Ia telah membuktikan bahwa Tourette Syndrome bukan penghalang baginya untuk menggapai impiannya. Keterbatasannya justru menjadi teman dan guru terbesarnya dalam hidup. Hal itu membuat ia dinobatkan menjadi Teacher of The Year.

Kemudian ia berhasil lulus master, menjadi homer (Atlanta Braves Mascot), dan menikahi Nancy.

Permasalahan

Sering berpindah-pindah sekolah karena penyakit yang dideritanya dan juga kedua orangtuanya bercerai karena ayahnya malu dan tidak tahan dengan tingkahlaku anaknya. Ia lulus menjadi Guru akan tetapi karena penyakitnya lagi-lagi ia dapat banyak penolakan.

Opini saya

Keterbatasan bukan penghalang untuk belajar. Keterbatasan jika diolah bisa memotivasi orang lain disekitar kita untuk menjadi lebih baik.

Setiap orang memiliki gaya belajar sendiri-sendiri akan tetapi dengan mejadi seorang guru kita dituntut untuk kreatif agar menimbulkan rasa ketertarikan dan memberikan pengalaman langsung dalam proses pembelajaran yang nantinya menimbulkan pemahaman bagi masing-masing murid.

Jangan mudah menilai orang dari kondisi fisik dan psikologisnya. Semua orang berhak diberikan kesempatan yang sama dengan oranglain

Jangan mudah menyerah dalam proses belajar karena kita harus terus belajar untuk menjadi lebih baik.

 





0 komentar:

Posting Komentar