20.10.22

MERINGKAS FILM YOUTUBE & OPINI SAYA TENTANG KESEIMBANGAN ALAM


WALL E

Maria Eventia Claudia Ponomban (21310420021)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


Topik

Perkembangan teknologi sangat pesat sehingga banyak hal yang dulunya dapat dikerjakan oleh manusia sekarang digantikan dengan suatu teknologi. Akan tetapi dengan manusia tidak memedulikan lingkungannya dan banyaknya alat elektronik yang dibuat akan berdampak pada global warning.

Sumber

WALL E |  98 menit | Andrew Stanton | Walt Disney Picture

WALL·E | Filme Infantil Completo Dublado - YouTube

Ringkasan

Manusia meninggalkan bumi dalam keadaan penuh sampah dan membuat robot pembersih untuk membersihkan semua sampah tersebut. Akan tetapi sejak manusia meninggalkan bumi keadaan tetap tidak membaik. Banyak robot pembersih yang tidak berfungsi lagi. Hanya Wall-E dan Eve robot yang bertahan.

 

Ringkasan (lanjutan)

Tiap kali Wall-E membersihkan dan mengolah sampah ia akan menyimpan benda yang unik untuk dikoleksi. Kemudian ia menemukan suatu tanaman yang membuat sejarah baru dalam kehidupan manusia.

Penemuan bibit tanaman diberikan kepada Kapten MC crea yang merupakan kapten kapal yang membawa semua manusia untuk diselamatkan dari efek radiasi nuklir yang ada di Bumi.

McCrea memutar rekaman keadaan bumi pada zaman dulu yang ada pada EVE dan kemudian ia menjadi perihatin melihat kerusakan alam di Bumi saat ini. McCrea merencanakan agar manusia kembali ke Bumi untuk memulihkan segalanya akantetapi hal itu dicegah oleh AUTO.

McCrea berhasil mengelabui AUTO sehingga ia dapat mengendalikannya dan mengembalikan posisi Axiom ke posisi semula. Akhirnya, bibit berhasil dimasukkan ke dalam mesin pendeteksi (holo-detector). Setelah bibit dimasukkan ke dalam holo-detector, pesawat Axiom menuju ke Bumi dengan kecepatan cahaya.

Manusia dan robot bekerjasama dalam memperbaiki kehidupan di Bumi dengan harapan baru, di bawah pimpinan McCrea. Akhirnya, kehidupan yang normal dapat dinikmati kembali oleh manusia. Seiring waktu dan kerjasama manusia dengan robot, Bumi kembali normal seperti sediakala. Mengenai kelanjutan kehidupan manusia beserta para robot di Bumi, dapat dilihat pada lukisan-lukisan yang terdapat pada kredit penutup dalam film animasi ini.

Permasalahan

Bumi cepet atau lambat akan mengalami perubahan, bumi akan sangat tandus, panas dan penuh dengan berbagai macam sampah. Banyaknya sampah yang tidak didaur-ulang membuat manusia meninggalkan bumi dan menciptakan robot bernama Wall-E untuk membersihkan semuah sampah.

Opini saya

Ternyata alam tidak bisa mampu regenarasi sendiri sehingga manusia tetap harus meningkatkan kesadarannya dengan kerja keras untuk mengolah kembali bumi ini.

Teknologi yang kita gunakan memang mempermudah kehidupan kita, akan tetapi teknologi memberi dampak negative bagi kehidupan manusia. Manusia yang tergantung dengan teknologi akan menjadikan mereka malas dan banyak hal yang akan berdampak bagi kehidupan baik dari sisi social maupun kesehatan. Contohnya karna manusia tidak melakukan pekerjaan apapun manusia akan mengalami obesitas.

Manusia merupakan ciptaan Tuhan yang harus menjaga keseimbangan alam ini. Manusia harus lebih menggunakan logika, perasaan dan harapannya atas kehidupan saat ini.





0 komentar:

Posting Komentar