15.10.22

MERINGKAS FILM YOUTUBE & OPINI SAYA TENTANG GOOD WILL HUNTING

Ahmad Ghozali (19310410031)

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


Topik

Kecerdasan dan bakat seorang pemuda yang terhambat karena trauma masa lalu.

Sumber

Good Will Hunting (1997) – 1:58:57

https://www.youtube.com/watch?v=x0sEdQnZ6s0

Ringkasan

§  Dalam film ini, Will Hunting (Matt Damon) memerankan seorang jenius muda dengan masa lalu yang kelam. Selama 20 tahun, Will hidup dalam kesepian dan kesendirian. Dia memang memiliki tiga teman di sisinya sepanjang waktu, tetapi di dalam hatinya dia menyimpan ketakutan akan masa lalu.

§  Will bekerja sebagai cleaning service di Massachusetts Institute of Technology. Diam-diam, dia berhasil memecahkan sebuah soal untuk mahasiswa yang diberikan oleh Profesor Gerrard. Kampus tidak tahu siapa yang mengerjakan soal itu hingga suatu saat Prof. Gerald menemukan Will sedang menyelesaikan soal lain di papan tulis di koridor kampus. Will, yang ketahuan, langsung memutuskan berhenti bekerja.

§  Will dewasa mudah emosional karena masa lalunya yang buruk. Dia dan teman-temannya memukuli seorang preman yang baru saja mencabuli seorang wanita. Oleh karena itu, Will ditangkap polisi dan harus mengikuti persidangan, di sinilah kecerdasan Will ditantang. Itu bukan pertamakalinya ia ditangkap polisi, namun arena kecerdasannya, ia selalu bebas. Di tempat lain, dia mempermalukan seorang pemuda sok pintar ketika sahabatnya Ben Affleck mendekati seorang mahasiswa Harvard. Saat terpojok, Ben segera dibantu oleh Will, yang sepertinya tahu semuanya. Di sana, dia juga bertemu dengan Skylar, gadis pintar yang pada selanjytnya akan dia cintai.

§  Banyak sekali adegan yang menunjukkan betapa pintarnya Will Hunting. Misalnya, saat ia harus berhadapan dengan beberapa psikiater yang ditunjukkan oleh Profesor Gerald. Profesor Gerald percaya kebijaksanaan Will akan sangat bermanfaat bagi dunia, dan dia mencoba membujuk Will untuk bekerja untuk pemerintah. Tapi bukan itu yang Will inginkan.

§  Saat bertemu Prof, dia banyak mengerti. Sean, psikiater keenam yang menasihati Profesor Gerrard. Pada awalnya, hubungan mereka sudah terlihat menarik. Namun, masih ada beberapa konflik kecil, dengan Sean berusaha mengeluarkan Will dari semua kesedihan masa lalu. Hingga akhirnya benteng Will hancur, Will akhirnya menangis di pelukan Sean.

Permasalahan

Will Hunting adalah seorang pemuda yang sangat cerdas, namun bakatnya terhambat karena trauma yang disebabkan oleh masa lalunya.

Opini saya

Penyakit mental sama berbahayanya dengan sakit pada fisik. Namun sering kali diabaikan hingga menyebabkan terhambatnya proses dalam menjalani kehidupan, seperti dalam film tersebut yang kecerdasannya tidak tersalurkan karena ketakutan yang disebabkan oleh masa lalunya.

Oleh karena itu, walaupun seseorang mempunyai trauma di masa lalu, hendaklah ia harus tetap memiliki semangat untuk sembuh dan mencoba keluar dari keterpurukannya.  Sehingga perkembangan dan potensinya tidak terhambat dan dapat tersalurkan dengan baik. Namun apabila trauma tersebut tidak dapat diselesaikan sendiri, hendaknya ia menemukan seseorang yang mampu menolongnya sepeti tokoh utama yang menemukan psikiater Bernama Sean.


0 komentar:

Posting Komentar