1.10.22

MERINGKAS FILM YOUTUBE BERBAHASA INGGRIS DAN OPINI SAYA TENTANG POLUSI SAMPAH PLASTIK DI LAUTAN.

ESSAY 2


PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Dosen Pengampu : Arundati Shinta

Nama : Faiza Cleary Flannery

Nim : 21310410048

Kelas : Psikologi SP

  

Topik

Kita perlu menghentikan pembuang sampah plastik di lautan untuk kebaikan makhluk hidup, alam, dan generasi kita di masa depan.

Sumber

POWERFUL VIDEO: why we need to Stop Plastic Pollution in Our Oceans FOR GOOD | Oceana

 

 

 

https://youtu.be/Yomf5pBN8dY

 

Ringkasan

Lautan mendukung aspek penting kehidupan bawah laut yang melimpah seperti terumbu karang, rumput laut, makhluk hidup di bawah laut yang indah dan kehidupan manusia seperti menghasilkan makanan yang kita konsumsi sehari-hari berupa ikan segar, makanan laut yang nikmat dan bergizi, dll.

Namun sekarang hal tersebut sulit untuk dinikmati karena lautan yang semula indah berubah menjadi lautan sampah plastik, tidak sedikit hewan seperti penyu, paus, ikan-ikan yang memakan sampah plastik tersebut dan berakhir mati. 

Para ilmuan menyatakan 60% spesies ikan paus dan lumba- lumba terpengaruh dengan plastik, bahkan burung-burung yang berterbangan di lautan mencari makan dan juga yang berada di pinggiran pantai mereka mati karena memakan sampah yang dibuang sembarangan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.

Sampah plastik yang di buang di lautan setara dengan satu truk sampah setiap menitnya dan setara dengan 17.600.000.000 miliar pound atau kurang lebih sekitar 290.000.000.000 miliar rupiah setiap tahunnya. Sampah plastik ada di mana-mana di daratan, di pesisir, di lautan lepas mengambang bersama dengan air laut yang asin bahkan di dasar laut yang bermil-mil di dalamnya.

Bahkan plankton dasar rantai makanan laut ikut terkontaminasi oleh sampah plastik tersebut, kemudian bagaimana dengan makanan laut yang kita konsumsi seperti seafood, ikan segar, garam, dan kadang-kadang bahkan di udara yang kita hirup semua itu telah terkontaminasi oleh sampah plastik.

Jika kita tidak berniat untuk mengurangi kekacauan polusi sampah plastik yang terjadi saat ini kita akan menghadapi stunami plastik di masa depan dan lautan akan 4 kali lebih banyak di penuhi oleh sampah plastik di bandingkan dengan saat ini.


Permasalahan

Masih sangat minim kesadaran masyarakat bahwa membuang sampah di lautan apapun jenis sampahnya terutama sampah plastik itu sangat membahayakan makhluk hidup, lingkungan, dan kesehatan juga masa depan kelak.


Opini saya

         @ Meningkatkan kesadaran masyarakat melalui sosialisasi dan berbagai kegiatan seperti pengurangan penggunaan plastik  

          @ Menerapkan gaya hidup 3R yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle.

@ Gunakan kantong tas reuseable yang dapat digunakan berkali-kali dari pada menggunaan kantong plastik.

Meningkatkan rasa cinta terhadap alam untuk menghindari membuang sampah sembarangan.

@ Para pengusaha pemroduksi (pabrik), cafe, hotel, maskapai penerbangan dan alat transportasi lainnya sebisa mungkin untuk mulai mengurangi penggunaan plastik. 

@ Pemerintah perlu memberikan upaya yang lebih lagi untuk mengurangi sampah plastik seperti halnya mungkin meningkatkan teknologi daur ulang sampah, menyediakan tempat untuk pendauran ulang sampah dan memberikan upah yang semestina untuk para pekerja.

  

0 komentar:

Posting Komentar