1.10.22

Meringkas Dokumenter Youtube Beserta Opini Saya Mengenai Penghijauan Lingkungan

 Green Gold - Documentary by John D. Liu


Essay 2 Psikologi Lingkungan 

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

 Disusun oleh: Ferianto Aryo Nugroho(21310410049)

 Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Topik

Ekosistem bumi makin meningkat. Berbagai kerusakan lingkungan sudah terjadi. Hutan dan dataran hijau kini makin menipis. Seorang ekolog ternama berhasil menemukan bagaimana mengembalikan keadaan bumi menjadi hijau dan sehat kembali.

Sumber

Green Gold – Documentary by John D. Liu | by John D.Liu | produced by: Permaculture Day| 47:30

https://www.youtube.com/watch?v=YBLZmwlPa8A 

Ringkasan

Pada tahun 1995, seorang ekolog sekaligus kameramen bernama John D.Liu ditugaskan untuk mendokumentasikan dataran tinggi di China. Dia melihat bagaimana warga lokal mentranformasikan dataran yang sebelumnya gersang menjadi subur. Sejak saat itu, menjadikan dataran gersang menjadi subur adalah tujuan hidupnya. Saat ini, hasil dokumentasinya telah tersebar di internet dengan judul  “Hope in Changing Climate”. 

Dataran tinggi China adalah wilayah seluas 6400 kilometer persegi dan berlokasi di wilayah China Utara. Dataran ini dulunya adalah wilayah yang subur, namun perlahan berubah menjadi gurun gersang. Para peneliti China menyatakan bahwa sebab dari kegersangan wilayah itu dikarenakan eksploitasi agrikultural yang berlangsung selama ribuan tahun. Domestikasi binatang ternak secara masif membuat bibit pohon sulit untuk tumbuh, menghasilkan tanah yang kering, dan memudahkan hujan untuk mengikis lapisan tanah.

Meningkatnya pertumbuhan penduduk dalam area yang terbatas membuat wilayah ini gersang akibat eksploitasi agrikultur.\Kerusakan lingkungan umumnya berasal dari meningkatnya pertumbuhan penduduk yang kemudian menginvasi tanah menjadi wilayah agrikultur dan perlahan merusak ekosistem alam.

Hal paling pokok yang ia temukan dalam memulihkan ekosistem adalah bahwa terdapat bioma yang beragam di bumi. Banyak dari bioma itu begitu rapuh dan kering. Ada juga area yang mampu menciptakan biomassa dengan jumlah yang besar seperti di wilayah tropis.

Ia memiliki ide untuk menghubungkan kedua area ini. Ia mengusulkan untuk mengambil sebagian kecil wilayah yang memiliki biomassa tinggi dan memindahkannya ke wilayah yang rapuh dan kering. Wilayah industri agrikultur kemudian dipusatkan di area yang telah dikembangkan ini. Untuk menghindari pembabatan liar. Apabila hal ini dilakukan, maka manusia tetap mendapatkan penghasilan dan di sisi lain ekosistem akan tetap terjaga. Setelah itu, dia mengusulkan untuk menciptakan industri berbeda yang berfokus pada restorasi. Maka, pemerintah akan memiliki dua jenis industri yang akan mempekerjakan warga dalam jumlah yang banyak dan menjaga ekosistem serta tidak mengurangi ketahanan pangan.

 

 

Permasalahan

Ribuan tahun kegiatan agrikultur umat manusia telah merusak ekosistem alam dan membuat berbagai wilayah di bumi menjadi gersang. Minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan hidup pada akhirnya berujung menjadi kerugian terhadap masyarakat itu sendiri. Kekurangan air, tanah gersang, dan bencana alam adalah contoh dari kerugian yang dialami masyarakat akibat kerusakan ekosistem.

Opini saya

Sudah saatnya masyarakat mengetahui dampak buruk dari tindakan serampangan yang mereka lakukan terhadap alam. Di video ini kita bisa mengamati bahwa ada kemungkinan kita masih bisa memulihkan kembali ekosistem. Pihak yang berwenang harus mulai menerapkan apa yang John D. Liu lakukan.

 



0 komentar:

Posting Komentar