26.10.22

MERINGKAS FILM PENDEK BERBAHASA INGGRIS DAN OPINI SAYA TENTANG EDUKASI PLASTIK

 ESSAY 2 PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Meringkas Video Youtube Dengan Judul “Plastic Addicts

 

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

 

Oleh :

Lisa Devita Saripi (21310410106)

Kelas A (Reguler)

Semester Ganjil T.A 2022/2023

 

PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA






Plastic Addicts

Topik

Film pendek ini menceritakan tentang seorang pecandu dalam menggunakan plastic di kehidupan sehari harinya, yang mana dalam film pendek ini juga diterangkan bahaya yang di sebabkan dari penggunaan sampah plastik secara terus menerus.

 

Sumber

Plastic Addicts| Short Movie | Just Learning – 2:07  https://youtu.be/DKWtpdVK_74.

 

Ringkasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ringkasan (Lanjutan)

- Richa Malik adalah seorang Environmentalist Founder,The Happy Turtle yang mana richa merupakan Wanita asal india yang tidak pernah menggunakan produk plastic di kehidupan sehari harinya dan richa memiliki seorang teman yang tidak di ketahui siapa namanya yang merupakan seorang pecandu plastik.

- Cerita ini di awali pada saat teman richa membeli sebotol air mineral di pedagang kaki lima dan datang menghampiri richa serta menawarkannya akan tetapi  richa menolak dan mengambil botol minum yang dia bawa dari rumah. Dan di sela-sela video di terangkan bahwasanya , (kebiasaan membeli botol plastic sangat tidak baik bagi lingkungan karena perlu di ketahui bahwa sepuluh lakh botol plastic dibeli setiap menit di seluruh dunia).  

- Selanjutnya Adegan berlanjut di tempat yang berbeda yang menampilkan richa dan temannya berada di toko makanan dan temannya menawarkan untuk meminta sendok ke penjual akan tetapi richa menolak dan mengatakan “ Aku membawa alat makan sendiri” dan pada saat ini juga terselip peringatan bahwa (Setiap setengah dari semua plastik yang di produksi dirancang untuk sekali pakai).

- sehingga cerita ini terus berlanjut sampai dua adegan yang mana dikeduanya terselip peringatan tentang pemberitahuan penggunaan plastik yaitu, setiap 4000 core sedotan digunakan setiap tahun di india dan lebih dari 10 lakh kantong plastic digunakan setiap menit di seluruh dunia.

- dan di akhir film menerangkan tentang buruknya seorang pecandu plastik yang merupakan bahaya nyata bagi dunia, yang tidak pernah memikirkan efek berbahaya padahal dengan perubahan kecil yang kita lakukan hari ini dapat membawa dampak yang jauh kedepannya.

Permasalahan

Jadi permasalahn dari film pendek ini adalah seorang yang di dalam kehidupan sehari-harinya selalu menggunakan plastic secara terus menerus dapat memberikan dampak yang sangat buruk padahal dengan data yang ada sampah plastik  sudah cukup meresahkan masyarakat serta pemerintah. Akan tetapi kebanyakan orang masih belum cukup sadar akan hal itu.

Opini saya

- Kebiasaan menggunakan atau membawa alat makan sendiri adalah hal yang baik dan patut di contoh tidak hanya mudah dan efisien tapi mampu meminimilisirkan penggunaan sampah plastik.

- dalam kehidupan sehari hari mampu membuat saya untuk lebih menggunakan barang non plastic dan lebih memilih membawa alat makan sendiri.

 

 








0 komentar:

Posting Komentar