26.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG PEMBERSIHAN PNTAI SAMAS

 TNI AL dan Warga Bersihkan Pantai Samas


Esai 1 Psikologi Lingkungan
Oleh :
Elfa Hidayaturrohmah (21310410032)
Kelas Reguler/ Semester 3
Dosis Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
 
 

Topik

Ratusan personel Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta bersama masyarakat melaksanakan Gerakan Nasional Laut bersih.

 

Sumber

Harian Pagi Tribun Jogja, Kamis Pahing, 8 September 2022. Halaman 4, “TNI AL dan Warga Bersihkan Pantai Samas”

 

Ringkasan

Ratusan personel Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta bersama masyarakat melaksanakan gerakan Nasional Laut bersih Tahun 2022 di Pantai Samas, Rabu (7/9/2022). Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HUT ke-77 TNI Angkatan Laut.

Danlanal Yogyakarta, Kolonel Laut (KW/W) Damayanti menyebut dipilihnya Pantai Samas dalam Gerakan Nasional Laut Bersih ini lantaran kawasan itu akan dijadikan Kampung Bahari Nusantara oleh TNI AL. Diharapkan melalui kegiatan ini, wisatawan yang datang di Pantai Samas dapat menikmati suasana pantai yang hijau, bersih dari sampah, dan nyaman untuk dikunjungi.

“Harapan kita agar Panti Samas ini kembali menggeliat dan menarik. Wisatawan untuk datang. Itu keinginan dari Lanal Yogyakarta, “ ujarnya”

 

Permasalahan

Persiapan wisata Kampung Bahari Nusantara pada bulan Oktober 2022 yang bersih dari sampah, hijau, dan nyaman untuk di kunjungi wisatawan

Opini Saya

Dari harapan yang direncanakan Kampung Bahari Nusantara pada bulan Oktober 2022 harus sudah siap. Akan tetapi pada dasarnya manusia tidak bisa luput ataupun jauh dari sampah karena manusialah sumber sampah tersebut. Bilamana Pantai Samas akan dijadikan tempat wisata yaitu Kampung Bahari Nasional tetap akan menimbulkan sampah yang semakin banyak bila mana wisatawan tersebut tidak sadar akan sampah tersebut. Langkah awal yang arus diambil terhadap perencanaan Lanal Yogyakarta tersebut harus tegas terhadap petugas kampung wisata tersebut yang harus tetap menjaga akan kebersihan di kawasan Pantai Samas. Dari pengetahuan yang saya dapat dari materi mahasiswa pencinta alam hal yang bertentangan dengan  konservasi ialah menjadikan alam sebagai tempat wisata

 



 



0 komentar:

Posting Komentar