21.10.22

MERINGKAS FILM DARI YOUTUBE & OPINI SAYA TENTANG “PLASTIC BAGS IMPACT THE ENVIRONMENT”

HERE’S HOW PLASTIC BAGS IMPACT THE ENVIRONMENT


PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Semester Ganjil T.A 2022/2023

 Oleh :

Anisa Zakiatun Nufus (21310410083)

Kelas A (Reguler)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

Topik

Here's how plastic bags impact the environment ( bagaimana sampah plastik berdampak pada lingkungan) Seiring dengan perubahan iklim, dampak kantong plastik sangan berpengaruh pada lingkungan. Seperti kantong plastik yang memengaruhi lautan melalui mikroplastik, jejak karbonnya, oleh karena itu, pentingnya mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai dan beralih dengan menggunakan Eco Bag atau Tas Ramah Lingkungan

 

 

Sumber

Here's how plastic bags impact the environment

https://youtu.be/CubtcwIZEWc

Ringkasan

Film pendek yang berjudul “Here's how plastic bags impact the environment” dengan durasi  5.31 detik ini di publikasikan di channel YouTube Our Changing Climate, yang membahas tentang dampak sampah plastik bagi lingkungan, kantong plastik yang hadir dalam kehidupan sehari-hari dapat dengan mudah megabaikan kerusakan yang diakibatkannya. Untuk itu, manusia harus tau dampak penggunaan kantong plastik untuk lingkungan serta alternatifnya.

Plastik pertama adalah bakelite yang ditemukan pada tahun 1907, baru pada tahun 1960-an plastik menjadi murah khususnya polyethylene. Kantong plastik lalu meledak dalam popularitas karena dipasarkan dan dibuat untuk sekali pakai.

Masalahnya adalah, harga yang murah ini, tidak memperhitungkan dampak lingkungan dari penggunaan kantong plastik tersebut. Bahkan sebuah study yang dilakukan oleh badan lingkungan Inggris, ekstraksi sumber daya dan bahan baku menyumbang 60% dari sampah plastik. Hanya sebagian sampah plastik yang didaur ulang, sebagian besar lainnya dibuang ke saluran air dan mengapung di sepanjang arus laut, dan parahnya lagi, kantong plastik membutuhkan waktu hingga 500 tahun untuk dapat terurai.

Karena itu, akan lebih baik jika mulai menggunakan Eco Bag atau Paper bag, tetapi tidak sesederhana itu. Mengurangi penggunaan kantong plastik harusnya menjadi inisiatif manusia itu sendiri, tetapi, yang lebih menyedihkan, hanya 100 perusahaan yang bertanggungjawab atas 71% dari emisi karbon sejak 1988.

Film ini menyadarkan kita, bahwa sebagai konsumen, mempunyai pilihan penting, selain berkontribusi dengan mengurangi sampah plastik, perubahan lain yang dapat dilakukan adalah bijak dengan apa saja yang kita beli dan bagaimana kita menggunakannya.

 

Permasalahan

Permasalahannya adalah tingginya penggunaan kantong plastik yang digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari, dan sangat berdampak pada lingkungan, bukan hanya mencemari daratan, tetapi juga mencemari lautan, masalah selanjutnya adalah, lamanya sampah kantong plastik dapat terurai, yakni membutuhkan waktu sampai 500 tahun untuk  terurai.

Film ini mengajarkan kita untuk lebih pro lingkungan dengan mengurangi penggunaan kantong plastik

Opini Saya

·    Sebagai konsumen, kita harus bijak dalam menggunakan kantong plastik sekali pakai, Gerakan mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai ini dapat dilakukan mulai dari diri sendiri, dengan beralih menggunakan eco bag yang ramah lingkungan, karena satu langkah kecil dan konsisten akan sangat berdampak pada penurunan penggunaan kantong plastik sekali pakai.

·      Kita juga dapat mengajak orang lain untuk pro lingkungan dengan beralih menggunakan eco bag, karna selain ramah lingkungan, eco bag bisa digunakan berkali-kaii.

·     Selain itu, kita juga harus bijak dan bertanggung jawab atas apa saja yang kita beli, membeli barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan dan bagaimana nanti kita menggunakannya.








0 komentar:

Posting Komentar